Mengelola keuangan bukan perkara mudah untuk dilakukan. Mendapatkan gaji besar atau kecil, jika tak pandai mengelola akan banyak pengeluaran yang sebenarnya tidak diperlukan.

Mengelola uang butuh kedewasaan, karena semakin bertambah usia tidak lantas membuat seseorang menjadi lebih bijak dalam hal mengelola uang. Kesalahan tentu saja tidak lepas dari manusia, khususnya apabila kita tidak cermat dalam mengelola keuangan.

Penting untuk kita untuk mengetahui kesalahan-kesalahan ini, untuk mencegah penyesalan di kemudian hari karena kelalaian sendiri. Berikut ini 4 kesalahan yang umum dilakukan dan masih dialami beberapa orang ketika mengelola uang, seperti dikutip dari Grid.id.

  1. Tidak Punya Asuransi

Saat terkena musibah seperti sakit, biarkan pihak lain yang akan menanggung biaya. Apalagi saat ini Indonesia masih dalam pandemi, akan sangat bijak jika kita punya asuransi agar berjaga dan berinvestasi untuk kesehatan sendiri. Mulailah mencari informasi terkait asuransi kesehatan yang akan cocok untuk kita, dan setelah itu segera daftar.

  1. Berutang Untuk Bergaya

Hal ini biasa dilakukan saat baru menerima gaji, tanpa memperhitungkan jenis kebutuhan dan investasi ke depan. Tidak baik memaksakan diri untuk membeli barang yang harganya di luar kemampuan kita, apalagi membeli barang yang sebenarnya belum terlalu penting.

  1. Investasi dengan Uang Panas

Investasi di Indonesia memang tengah menjamur dan banyak diburu masyarakat untuk jaminan masa depan. Tapi jangan gunakan “uang panas” untuk berinvestasi. Jangan berinvestasi dengan menggunakan uang yang akan digunakan, seperti kebutuhan hidup, bayar pendidikan, apalagi uang dari meminjam.

  1. Pakai Kartu Kredit Berlebihan

Untuk kesalahan terakhir memang belum banyak terjadi, karena faktanya masyarakat Indonesia masih belum familiar dengan penggunaan kartu kredit. Kartu kredit sebenarnya bermanfaat, tapi untuk orang-orang yang senang berbelanja di atas kemampuannya, akan sangat berbahaya ketika akhirnya malah membayar tagihan bunga yang tinggi.