5 masalah umkm saat pandemi

Pandemi bisa dibilang menjadi sebuah musibah yang menimpa banyak orang di seluruh Dunia, tidak terkecuali di Indonesia. Sektor UMKM di Indonesia terbilang menjadi sektor yang terkena dampaknya, tentunya hal ini menjadi sebuah masalah yang harus ditangani oleh para pemerintah di Indonesia dengan series. Untuk memberikan solusi yang tepat tentunya harus mengetahui apa saja masalah yang dialami para pelaku UMKM saat Pandemi.

Ketua Fokus UMKM Jakarta Roy Baskoro mengatakan terdapat 5 masalah krusial atau masalah inti yang bisa dibilang meresahkan para pelaku UMKM di Indonesia. Salah satu inti dari masalah tersebut adalah masalah keuangan dan juga pembiayaan yang sangat dibutuhkan oleh para pelaku UMKM di Indonesia pada masa pandemi seperti ini. Tentunya hal tersebut bisa dimanfaatkan sebagai bantuan untuk bertahan agar usaha tidak tutup.

Jika dijabarkan, terdapat 5 masalah inti yang menjadi fokus utama para pelaku UMKM di Indonesia menurut Ketua Fokus UMKM Jakarta Roy Baskoro. Tentunya masalah ini harus mendapatkan solusi satu per satu dari pemerintah yang diharapkan bisa meningkatkan daya jual produk UMKM di Indonesia dan juga daya beli para masyarakat Indonesia untuk produk-produk UMKM yang berkualitas. Nah, berikut adalah kelima masalah inti tersebut.

  1. Masalah Finansial
  2. Masalah SDM dan Manajemennya
  3. Masalah Inovasi dan Teknologi
  4. Masalah Pasar dan Bahan Baku
  5. Masalah Terkait Institusi

UMKM atau Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah pertumbuhannya di Indonesia terbilang tidak terlalu pesat. Jika dibandingkan dengan negara tetangga seperti Malaysia dan Thailand masih ada selisih ketertinggalan yang seharusnya bisa dikejar oleh UMKM di Indonesia. Pemerintah memberikan banyak support salah satunya adalah untuk para pelaku UMKM mengikuti Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah Untuk UMKM Indonesia.

“Ada berkahnya juga di masa serba online seperti ini teman-teman UMKM ini menjadi lebih mudah dan gampang mendapatkan informasi tentang berbagai macam sumber atau akses untuk pembiayaan,” ujarnya. “Nah ini cukup membantu tinggal bagaimana teman-teman UMKM itu bisa memenuhi untuk bisa mengakses sumber pembiayaan tersebut,” imbuhnya yang dilansir dari Liputan6.com.

Selain itu Ketua Fokus UMKM Jakarta Roy Baskoro juga menuturkan ternyata masih banyak para pelaku UMKM masih belum bisa membedakan yang mana modal usaha dan juga mana keuntungan bersih dalam usahanya. Tentunya hal ini akan menjadi konsentrasi para pelaku UMKM di Indonesia untuk menambah pengetahuan dan edukasi tentang cara pengelolaan usaha yang baik dan juga sehat agar dapat menjadi lebih maju lagi.

Nah, itulah artikel menarik dan edukatif tentang Yuk Simak 5 Masalah Utama yang Dialami Para Pelaku UMKM Pada Masa Pandemi yang sudah dibahas oleh tim Pejuang App. Semoga artikel ini dapat menjawab pertanyaan kalian seputar masalah yang dialami pelaku UMKM pada era pandemi seperti ini. Jangan sungkan untuk membagikan artikel ini agar dapat dibaca oleh banyak orang dan lebih bermanfaat tentunya. Salam sukses selalu!