Semua pengusaha atau penjual pasti menginginkan banyak pembeli. Apalagi ketika pembeli tersebut bisa menjadi langganan, yang sangat royal dan sering untuk berbelanja produk-produk dari apa yang kita jual. Namun, tidak semua orang tahu bagaimana cara melakukannya.

Menurut Merchant Education Senior Lead Tokopedia, Pipit Indrawati setidaknya ada 5 cara yang bisa dilakukan agar pembeli menjadi pelanggan yang loyal. Apa saja 5 hal itu? Berikut pembahasannya.

1. Cepat Membalas Pesan.
Ini penting sekali, sebab ketika Anda lama membalas pesan dari pembeli Anda, bisa dipastikan pembeli sudah lari ke toko yang lain. Batasan waktu paling lama untuk membalas pesan pembeli adalah sejam.

Jika dalam waktu sejam penjual tidak memberikan respons atau tidak membalas pesan dari pembeli, pembeli akan merasa kecewa dan langsung memilih untuk tidak berbelanja atau bahkan langsung berpindah ke toko yang lain.

2. Cepat Melakukan Proses Pesanan.
Jika pesanan semakin cepat dilakukan dan diproses, maka pihak pembeli pun semakin merasa senang. Sehingga, pembeli sudah memberikan kepercayaannya untuk terus berbelanja di toko kita.

3. Membuat Kemasan yang Menarik dan Aman.

Apalagi saat ini, ritual membuka pesanan atau unboxing sudah menjadi favorit pembeli, khususnya pesanan yang memiliki kemasan yang lucu dan menarik. Selain itu, perlu juga dipastikan keamanan dari produk tersebut.

4. Menanggapi Komplain Pembeli dengan Sabar.
Setiap pembeli memiliki karakter yang berbeda-beda, oleh sebab itulah penjual harus sabar untuk menanggapi semua bentuk komplainan yang ada.

5. Komunikasi yang Ramah.
Kadangkala, ada saja pembeli yang hanya sekadar bertanya tapi tidak membeli. Tapi di situlah kita diuji untuk memberikan pelayanan yang terbaik, dengan menggunakan komunikasi yang baik. Momen-momen seperti itu jugalah yang kadang bisa membuat pembeli kita ingat dengan toko dan layanan kita, jadi harus dijaga sikap dan cara berkomunikasi.