apa itu endorse

Saat ini semakin banyak para pengusaha mandiri yang mulai berlomba-lomba memulai bisnis nya, dari kebutuhan pribadi hingga barang konsumtif banyak dipasarkan oleh pengusaha mandiri. Pemasaran yang mereka lakukan tentunya menggunakan media sosial yang jelas membantu para pengusaha untuk memasarkan bisnis nya. Sehingga tanpa perlu wujud toko yang menarik dengan media sosial mereka mampu menarik minat pelanggan sesuai dengan Target market nya.

Tidak hanya dengan media sosial, kini sedang marak sistem marketing dengan cara endorsement. Endorse merupakan salah satu jenis pemasaran untuk mendukung dan memasarkan sebuah produk atau jasa dengan menggunakan pihak lain. endorse juga termasuk dalam salah satu jenis digital marketing. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang Pengertian Endorse dan Seperti Apa Sistem dari Endorse Itu Sendiri. 

Simak Lebih Lanjut Tentang Kegunaan Endorse?

kegunaan endorse

Endorsement atau yang biasa dikenal dengan endorse merupakan salah satu jenis digital marketing, yang berarti barang atau jasa dipromosikan melalui media sosial seperti Website, Instagram, Facebook, dan berbagai aplikasi lainnya dengan bantuan pihak lain. Biasanya pihak yang terlibat dalam endorsement ini merupakan orang-orang yang memiliki banyak followers di akun nya, seperti artis, selebgram, ataupun influencer

Teknik pemasaran ini memiliki kegunaan yang cukup banyak, salah satunya dengan melakukan endorse kita dapat meningkatkan penjualan produk dari sebelumnya, media yang digunakan tentu lebih praktis daripada kita memasarkan produk menggunakan brosur. 

Kelebihan Teknik Promosi Endrose?

kelebihan tehnik endorse

Teknik promosi endorse semakin meningkat dari waktu ke waktu, tentunya banyak para pengusaha yang merasakan keuntungan dari salah satu teknik promosi ini. Berikut merupakan kelebihan teknik promosi endorse, diantaranya yaitu:

  • Kepercayaan konsumen meningkat

Karena yang menyampaikan suatu produk atau jasa merupakan public figure, maka masyarakat akan menilai bahwa yang disampaikan terlihat menarik. Ditambah dengan kepercayaan konsumen terhadap public figure yang begitu tinggi, sehingga akan mempengaruhi penjualan produk atau jasa yang dipasarkan melalui endorse.

  • Produk dikenal dalam waktu singkat

Dengan endorse produk atau jasa akan dikenal dalam waktu hitungan menit, karena konsumen akan mendapatkan informasi dengan waktu yang singkat, sehingga konsumen baru yang menginginkan produk anda akan datang waktu yang singkat.

  • Promosi yang efektif

Mempromosikan produk dengan cara endorse tentu akan lebih efektif, karena tidak membutuhkan waktu yang lama untuk memperkenalkan produk atau jasa yang dijual. Biaya yang dikeluarkan pun sebanding dengan hasil yang didapatkan, kita juga tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membuat brosur, flayer atau sejenisnya. Kita juga dapat menggunakan promosi endorse ini berulang-ulang, karena biasanya memasarkan produk dengan cara endorse akan berupa video atau foto pihak yang bekerja sama dengan kita sehingga dapat kita simpan dan digunakan beberapa waktu. 

  • Followers akan bertambah

Endorse juga dapat meningkatkan followers, karena para followers pihak yang kita endorse rata-rata akan mengikuti aktifitas kita di media sosial jika mereka tertarik dengan produk atau jasa yang kita pasarkan. Sehingga secara otomatis mereka akan memfollow akun media sosial kita.

Berbagai Macam Usaha yang Memerlukan Endorse

beragam usaha yang butuh endorse

Pihak yang di endorse oleh para pengusaha tentunya bukan orang yang sembarangan, mereka pasti memiliki nilai positif dan nilai lebih untuk menyampaikan informasi terkait produk atau jasa yang dimiliki oleh para pengusaha yang menggunakan jasa endorse mereka. Jika dilihat saat ini, berbagai macam produk atau jasa dapat menggunakan teknik promosi endorse untuk meningkatkan penjualan. Namun ada beberapa produk atau jasa yang dianggap perlu menggunakan teknik promosi endorse seperti pakaian, furniture, makanan dan minuman, ataupun jasa travel. Karena beberapa produk atau jasa diatas memiliki daya saing yang begitu tinggi, sehingga dengan teknik endorse, pesan sebuah brand dari produk atau jasa yang dijual akan lebih tersampaikan kepada calon konsumen.

Kiat-kiat Sebelum Melakukan Endorse

beragam usaha yang butuh endorse

Melakukan endorse tentunya bukan sebuah hal yang mudah, karena biaya yang dikeluarkan pun tentu tidak sedikit. Maka dari itu kalian para pengusaha harus memperhatikan beberapa hal sebelum melakukan endorse, diantaranya yaitu: 

  • Perhatikan Followers dan Engagement Rate 

Followers dan Engagement rate merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan sebelum kita melakukan endorse. Karena influencer yang memiliki followers banyak belum tentu memiliki engagement rate yang baik. Apa itu engagement rate? engagement rate merupakan tingkat interaksi antara audiens terhadap sebuah akun atau brand di media sosial. 

  • Menyesuaikan Profil Endorser

Artinya tidak semua artis atau influence cocok dengan produk yang kamu miliki, oleh karena itu sangat penting untuk kamu mengetahui profil endorser yang akan kamu endorse. Contohnya, jika kamu memiliki produk kecantikan tentunya kamu harus mencari influence dari dunia kecantikan seperti beauty vlogger. Dengan begitu dapat dipastikan produk yang kamu pasarkan akan meningkat penjualan nya dengan mengendorse beauty vlogger tersebut.

  • Sesuaikan Dengan Target Pasar

Sebelum kamu melakukan endorse pastikan dulu jika produk atau jasa yang kamu jual memiliki kualitas dan kuantitas yang terbaik. Kualitas akan berpengaruh dengan review yang akan diberikan oleh influence terhadap produk yang kamu pasarkan, dan kuantitas akan mempengaruhi nilai bisnis kalian nanti. Jika kalian melakukan endorse tetapi kalian tidak mempersiapkan kuantitas yang cukup, tentu itu menjadi hal yang fatal. Karena pandangan konsumen terhadap brand kalian akan dilihat negatif.

Sekian pengetahuan seputar endorse serta tips dan trik dari Pejuang.co.id untuk kalian para pembaca. Tentu sebagai pengusaha akan melakukan yang terbaik untuk bisnis nya agar terus maju dan berkembang. Semoga artikel ini dapat membantu kalian dalam memasarkan produk atau jasa yang sedang kalian geluti. Salam sukses dari kami!