jenis usaha pertanian

Pertanian dapat diartikan sebagai kegiatan pemanfaatan sumber daya hayati yang dilakukan oleh manusia untuk menghasilkan bahan pangan atau bisa juga untuk pengelolaan lingkungan hidupnya. Saat ini kegiatan pertanian mulai dilirik oleh para pengusaha sebagai bentuk salah satu ladang mencari keuntungan. Kira-kira usaha apa saja yang dapat dilakukan pada dunia pertanian? Kali ini Pejuang.co.id akan membahas ragam jenis usaha pertanian yang bisa kalian jadikan inspirasi maupun sebagai ide bisnis baru kalian. Simak pembahasan nya ya!

Jika mendengar kata pertanian orang identik dengan sawah, pagi, tanam tuai. Padahal banyak hal-hal yang bisa kita geluti sebagai usaha baru dalam bidang ini. Tidak hanya persawahan, tentu kegiatan budi daya tumbuh-tumbuhan juga termasuk kedalam jenis pertanian. 

kegiatan budi daya tumbuhan tentu juga memerlukan bahan-bahan lainnya selain tanah dan juga bibit tumbuhan itu sendiri. Bahan-bahan itu pula juga dapat dijadikan sebuah ide bisnis yang cukup menarik. Saat ini pun para penjual tanaman bisa dikatakan sedang berada dipuncak kejayaan nya, semakin hari semakin banyak orang yang mencari beragam macam tanaman yang populer, meskipun dijual harga setinggi apapun karena keindahan dan juga kepopuleran nya membuat beragam tanaman tersebut di cari banyak orang. Lalu apa saja bisnis yang dapat dilakukan seputar pertanian, berikut rincian nya:

Usaha Peralatan Pertanian

Jaman yang semakin canggih tentu membuat segala hal menjadi mudah, termasuk peralatan yang digunakan dalam dunia pertanian. Contohnya, jika jaman dulu para petani membajak sawah dengan menggunakan hewan kerbau, kini sudah beredar mesin canggih yaitu kultivator. Mesin ini digerakan menggunakan bahan bakar solar. Dengan alat ini kegiatan membajak sawah menjadi lebih mudah dan lebih praktis. Selanjutnya yaitu alat untuk memanen padi, jika jaman dulu dilakukan secara manual kini sudah tersedia alat canggih untuk memanen padi dengan begitu proses panen menjadi lebih mudah dan memakan waktu lebih singkat. Itulah beberapa contoh alat modern yang digunakan di bidang pertanian, tentu masih banyak alat-alat pertanian lainnya. Ini bisa kalian masukkan kedalam daftar list usaha baru anda, karena tentu hasil yang akan didapatkan pun terbilang cukup besar.

Usaha Budidaya Tanaman Hias

Membudidayakan tanaman hias saat ini sedang menjadi tren para ibu-ibu bahkan hampir berbagai kalangan, ada yang digunakan untuk menghias halaman rumahnya, adapula yang mengeruk keuntungan dari hasil budidaya tanaman hias itu sendiri. Karena minat nya sedang melonjak naik, harga tanaman hias pun ikut naik drastis sehingga banyak para pedagang tanaman hias dadakan yang menjajakan dagangan nya dipinggir-pinggir jalan.

Usaha Jasa Konsultan Pertanian

Mungkin bagi sebagian orang terdengar asing oleh keberadaan jasa konsultan pertanian. Mungkin juga sebagian orang berfikir, untuk apa soal pertanian saja membutuhkan konsultan. Namun hal ini ternyata cukup diminati pada bidangnya, apalagi bara pengusaha awam yang baru saja ingin memulai bisnis nya dalam bidang pertanian. Tentu jasa konsultan pertanian ini sangat diperlukan untuk merawat, memprediksi, bahkan terjun langsung dalam proses yang akan berlangsung. Bagi kalian para lulusan pertanian, tentu ini menjadi sebuah ide bisnis yang menarik. Dengan ilmu-ilmu pertanian yang kalian miliki, ternyata itu menjadi hal yang bermanfaat loh untuk meraup keuntungan sebagai jasa konsultan pertanian.

Usaha Budidaya Sayuran Hidroponik

Untuk yang satu ini tentu tidak asing lagi. Semakin hari semakin banyak orang yang melakukan budidaya sayuran hidroponik, selain menghemat lahan bahan-bahan yang dibutuhkan pun tidak memerlukan modal yang besar. Usaha yang dapat kalian jalani dengan usaha ini memiliki dua pilihan, menjual tanaman nya langsung atau sebagai jasa pembuatan hidroponik. Banyak orang yang tidak memiliki kemampuan untuk merakit serta membuat hidroponik ini, namun mereka ingin melakukan budidaya tanaman hidroponik tentu hal ini juga bisa kalian jadikan sebuah inspirasi bisnis kalian.

Usaha Menjual Obat Tanaman Herbal

Ternyata tidak hanya manusia yang bisa sakit, tanaman juga bisa loh. Oleh karena itu terciptalah obat tanaman, lalu untuk apa obat tanaman ini. Kira-kira apa ya penyakit yang bisa dialami oleh sebuah tanaman. Dimakan hama pun ternyata bisa dikatakan penyakit loh sobat, lalu untuk pengobatan nya biasanya menggunakan bahan pestisida untuk mengusir hama jahat yang akan merusak tanaman kalian. Selain hama tentu ada penyakit-penyakit lainnya. Jika kalian berminat untuk membuka usaha dalam bidang obat tanaman, tentu kalian juga harus mengenal berbagai macam penyakit tanaman ya sobat.

Nah itulah beberapa usaha yang dapat kalian geluti di bidang pertanian. Kalian tidak perlu takut, tidak harus dari lulusan pertanian loh. Meskipun begitu kalian harus mempelajari nya terlebih dahulu ya, agar bisnis yang akan kalian jalani tidak sia-sia. Usaha dibidang pertanian masih terbilang cukup menjanjikan, jika cara menjalankan serta perawatan nya dilakukan dengan benar. Semoga informasi kali ini bermanfaat ya, salam sukses dan sehat selalu!