beragam manfaat kardus bekas

Kardus merupakan salah satu barang yang digunakan untuk mengemas yang terbuat dari kertas kraft. Kardus dibuat dengan berbagai macam ukuran dari kecil hingga besar, tergantung pada ukuran barang yang akan dikemas. Lalu selain mengemas apakah kardus memiliki fungsi dan manfaat lainnya? Bisa saja itu terjadi, oleh karena itu kali ini Pejuang.co.id akan membahas tentang manfaat dari kardus-kardus bekas pakai.

Untuk mengurangi sampah yang semakin hari kian menumpuk di Indonesia, semakin banyak pula komunitas bahkan beberapa perusahaan besar yang mendukung kegiatan ini. Berbagai macam cara mereka lakukan untuk mengurangi sampah yang semakin banyak. Salah satu nya yaitu memanfaatkan kembali kardus-kardus bekas untuk dijadikan berbagai macam fungsi dan karya seni baru. Ada beberapa kerajinan dari kardus bekas yang dapat digunakan kembali untuk kegiatan sehari-hari, diantaranya yaitu :

  • Cangkang Lampu
  • Rak Buku
  • Kotak Pensil
  • Rak Sepatu
  • Lemari Buku
  • Kemasan Kado

Itulah beberapa barang yang dapat dibuat dari kardus-kardus bekas pakai, kalian dapat berkreasi secantik mungkin sehingga barang-barang yang dihasilkan pun nanti nya akan memiliki nilai jual yang menjanjikan. Modal yang dikeluarkan pun tidak perlu banyak, biasanya kerajinan-kerajinan itu hanya memerlukan beberapa bahan selain kardus bekas seperti lem, gunting atau pisau kater, serta kertas pembungkus kado atau bila anda ingin menghemat biaya bisa juga menggunakan koran bekas sehingga barang yang dihasilkan akan terlihat klasik.

Mungkin juga akan muncul pertanyaan apakah akan ada yang membeli barang-barang tersebut, tentu ada. Biasanya barang-barang tersebut akan dijual jika ada pameran-pameran barang-barang bekas, jika menurut kalian itu kurang menjanjikan. Barang-barang tersebut juga dapat dijual dengan bantuan marketplace yang telah tersedia, yang tentunya biasa anda gunakan untuk membeli barang. 

Lalu berapa harga yang akan ditawarkan untuk barang-barang yang terbuat dari kardus bekas ini? Tentunya beragam ya sobat. Kisaran 10ribu hingga 100ribuan bisa kalian dapatkan tergantung tingkat kesulitan serta seberapa banyak kardus yang digunakan selain itu fungsi serta bentuk barang jadinya juga bisa dijadikan penentu berapa harga barang tersebut akan dijual. Mengapa tingkat kesulitan menjadi salah satu faktor penentu dari harga jual barang, hal tersebut disebabkan oleh tenaga yang dikeluarkan oleh pengerajin serta berapa lama waktu yang akan dihabiskan untuk membuat satu barang dari kardus bekas itu. 

Selain membuat kerajinan dari kardus bekas, kardus bekas sendiri pun dapat langsung diperjual belikan tanpa harus diolah terlebih dahulu. Biasanya para penampung akan membrandol kardus di hitung perkilo nya. Berbagai macam harga ditawarkan, ada yang menjual kisaran 3ribu rupiah perkilo, 2ribu, bahkan 5ribu. Biasanya tergantung ukuran dan kualitas dari kardus itu sendiri. Selain itu lain pengepul akan lain pula harganya, oleh karena itu sobat bisa mencari-cari kira-kira apakah ada pengepul kardus di sekitar tempat tinggal kalian.  

Itulah beragam manfaat yang didapatkan dari kardus bekas, jadi jika kalian memiliki kardus bekasi dirumah jangan langsung dibuang ya sobat. Bisa saja dijadikan kreasi baru sehingga bisa sobat gunakan kembali kardus bekas tersebut, atau bisa dikumpulkan sebanyak mungkin kemudian sobat dapat menukarkan nya langsung ke pengepul kardus bekas sehingga sobat akan mendapatkan uang dari hasil kardus-kardus bekas yang sobat kumpulkan.

Nah itulah artikel menarik dan edukatif tentang Simak Beragam Manfaat Kardus Bekas yang Bisa Dijadikan Usaha dan Bermanfaat yang sudah dibahas oleh tim BDN. Semoga artikel ini bisa menjawab pertanyaan kalian seputar tentang peluang usaha dan juga ide bisnis tentang membuat karya dari kardus bekas dan bisa dijual kembali. Jangan sungkan untuk membagikan artikel ini kepada yang membutuhkan agar artikel ini menjadi lebih bermanfaat lagi untuk banyak orang.