Pertanian merupakan salah satu bidang yang sedang banyak dilirik oleh para pengusaha untuk dijadikan bisnis. Dalam hal ini ternyata cukup luas aspek-aspek yang dapat dijadikan sebuah bisnis dalam bidang pertanian. Mungkin tidak banyak orang yang tahu, namun nyatanya semakin hari semakin banyak brand-brand baru yang bermunculan memasarkan produk nya dalam bidang pertanian seperti sayuran, buah-buahan, bahkan bahan rempah. Mayoritas orang berfikir memulai bisnis pada bidang ini membutuhkan modal yang besar, tetapi ternyata itu tidak terbukti. Masih ada beberapa bisnis pertanian yang dapat dijalankan tanpa membutuhkan modal yang besar. 

Kira-kira bisnis apa yang bisa dilakukan dengan modal kecil di bidang pertanian? Mari simak pembahasan nya bisnis dalam bidang pertanian dengan modal kecil serta dapat dijalankan di daerah pedesaan. 

Pertanian di daerah pedesaan, mungkin orang-orang akan berfikir pada satu kata ‘petani’. Namun nyata nya banyak hal lain selain pekerjaan petani yang dapat dilakukan atau bahkan menjadi sebuah bisnis di pedesaan tentunya dengan modal yang kecil. Berikut beberapa bisnis pertanian dengan modal kecil di pedesaan :

Penjual Bibit

Bisnis dalam bidang pertanian tidak harus pandai bertani, dengan menjual komponen-komponen nya pun anda dapat berbisnis dalam bidang pertanian. Ini merupakan salah satu bisnis di bidang pertanian dengan mengeluarkan modal yang cukup minim. Untuk memulai usaha berjualan bibit tanaman, anda cukup menyiapkan modal sebesar 500 ribu saja. Kurang lebih 200 ribu digunakan untuk membeli plastik untuk pelindung atau atap, selebihnya bisa anda gunakan untuk modal awal membeli bibit. Harga bibit pun beragam kisaran 20 ribuan hingga 100 ribuan, biasanya bibit berisi 10 gram atau sekitar 2000 biji. 

Selanjutnya untuk memasarkan bibit yang siap jual tidak begitu sulit, hanya perlu menanam bibit kemudian ditutup plastik setelah muncul kecambah lalu dipindahkan ke tempat yang terbuka yang telah dilindungi oleh plastik tadi, bibit hanya perlu di siram setiap hari. Dengan begitu anda sudah dapat memulai bisnis bibit anda.

Penjual Tanaman Hias

Untuk mulai berbisnis tanaman hias, anda cukup mengeluarkan modal sebesar 3juta rupiah, 1juta untuk modal peralatan dan 2juta digunakan untuk membeli tanaman hiasnya yang ingin dibudidayakan termasuk bibit nya. Selebihnya anda bisa menggunakan platform media sosial untuk memasarkan dagangan anda, jangan salah jika anda berada di sekitar pedesaan. Nyatanya banyak para pedagang kota yang menelusuri tanaman hias hingga kepelosok desa, jadi anda tidak perlu khawatir bisnis tanaman hias anda tidak laku meskipun berada di pedesaan. Selain itu anda juga perlu mengetahui jenis-jenis tanaman hias yang sedang trend di pasaran, berikut dengan cara merawatnya. Jika tidak, yang ada bisnis tanaman hias anda bukan untuk malah menjadi rugi. Pelajari juga teknik teknik merawatnya sehingga tanaman hias yang anda pasarkan selalu terlihat fresh dan cantik jika anda pembeli yang datang.

Penjual Tanaman Organik

Siapa sangka ternyata untuk memulai bisnsi tanaman organik ini cukup memerlukan modal kurang dari 100 ribu. Anda bisa memulai nya dengan tanaman yang mudah ditanam seperti selada atau bayam. Namun meskipun modal yang dikeluarkan sangat minim tentunya anda perlu bermodalkan ilmu yang cukup. Selain modal tadi yang akan anda keluarkan, anda juga harus memahami serta mempersiapkan media tanam yang akan digunakan, akses pupuk alami, ilmu tentang perawatan, dan juga peluang pemasaran. Biasanya tanaman organik ini banyak dicari restoran-restoran dikota-kota besar karena mereka membutuhkan tanaman yang bersih dan segar bebas dari pestisida.

Berikut adalah cara bisnis pertanian dengan modal kecil di pedesaan. Modal yang dikeluarkan cukup minim bukan? Meskipun dengan modal yang minim ternyata bisa menghasilkan hingga puluhan juta rupiah loh sobat. Maka dari itu jangan ragu lagi jika anda ingin memulai bisnis pertanian di pedesaan dengan modal kecil, karena Pejuang.co.id sudah membagikan tips dan trik nya kan. Sampai bertemu di pembahasan selanjutnya ya sobat, salam sukses dan sehat selalu!