cara cek blt umkm terbaru

Pandemi dapat dikatakan menjadi tahun yang berat dan sulit untuk para UMKM di Indonesia. Bisa dibilang penjualan produk UMKM di Indonesia menurun pada tahun awal terjadinya pandemi yaitu akhir 2019. Hal ini tentu saja menjadi fokus pemerintah untuk membantu para pelaku UMKM agar dapat bertahan di tengah pandemi ini, dan salah satu upaya pemerintah adalah mengadakan Bantuan Langsung Tunai atau BLT yang dapat dicairkan oleh pelaku UMKM yang terdaftar.

Kementerian Koperasi atau Kemenkop dan UKM teleh menyiapkan anggaran untuk Bantuan Langsung Tunai untuk BLT sebesar 15,36 Triliun dengan target penerima sebanyak 12,8 Juta penerima bantuan dengan tujuan agar UMKM dapat lebih bertahan dalam badai pandemi dan bisa berinovasi dengan adanya BLT UMKM ini. Sayangnya tidak semua pelaku UMKM atau Wirausaha dapat menerima BLT ini pada tahun 2021.

Untuk kalian yang sudah mendaftar tentunya sudah keluar hasil dari bantuan langsung tunai yang difokuskan untuk para pelaku UMKM ini di tahun 2021. Nah, pada kesempata kali ini tim Pejuang App akan membahas Yuk Simak Cara Cek Bantuan Langsung Tunai (BLT) UMKM di Bank Rakyat Indonesia (BRI) dengan Mudah yang bisa kalian simak baik-baik pada artikel di bawah ini.

Cara Cek BLT Khusus Pelaku UMKM Lewat Situs Resmi

Pelaku usaha mikro ternyata masuk kedalam salah satu daftar dari penerima BLT UMKM yang akan disebarkan pada tahun 2021. Penerima BLT UMKM pada tahun 2020 tentunya bisa juga menerima BLT UMKM pada tahun 2021 ini. Hal ini diterangkan oleh Eddy yang dilansir dari Kompas.com, “Diberikan kepada seluruh pelaku usaha mikro terdampak. Baik kepada yang sudah menerima tahun lalu, maupun belum menerima yang sudah diusulkan ataupun yang lagi diproses.” Nah, untuk melakukan pengecekan kalian bisa simak langkah-langkahnya di bawah ini.

  1. Buka situs resmi penerima BLT 2021 di https://eform.bri.co.id/bpum
  2. Setelah itu kalian bisa memasukan Nomor KTP dan kode verifikasi
  3. Kemudian klik “Proses Inquiry”
  4. Selanjutnya kalian bisa melihat sebagai penerima BLT atau tidak

Selanjutnya jika kalian terdaftar sebagai penerima, nantinya kalian bisa langsung ke Bank BRI terdekat untuk mengajukan penjadwalan penarikan bantuan langsung tunia khusus untuk pelaku UMKM. Pencairannya sendiri tidak dipungut biaya apapun atau bisa dibilang gratis. Selain itu juga ada beberapa dokumen yang harus kalian bawa untuk mencairkan bantuan langsung tunai dari pemerintah ini. Berikut dokumennya.

  • Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM)
  • Surat Pernyataan dan Kuasa
  • Formulir pembukaan atau perubahan data rekening yang disediakan oleh BRI dan dilengkapi pada saat penerima datang ke kantor BRI.

Selanjutnya kalian bisa langsung menunggu bantuan langsung tunai khusus pelaku UMKM yang diberikan oleh pemerintah sejumlah 1,2 Juta Rupiah. Dengan hadirnya bantuan ini semoga dapat membantu para UMKM untuk menghadirkan inovasi terbaru dan dapat bertahan hingga pandemi ini berakhir.

tahapan penyaluran BLT UMKM oleh pemerintah yang dijadwalkan akan disebar pada tahun 2021 ini. Tahap I sebesar Rp 11,76 triliun dengan jumlah 9,8 juta pelaku usaha mikro Tahap II sebesar Rp 3,6 triliun bagi 3 juta pelaku usaha mikro seperti yang dilansir dari Kompas.com. Sampai tanggal 1 April ini pemerintah sudah memvalidasi 6,6 juta pelaku usaha mikro yang akan menerima BLM UMKM pada tahun 2021 ini.

Nah, itu artikel menarik tentang Yuk Simak Cara Cek Bantuan Langsung Tunai (BLT) UMKM di Bank Rakyat Indonesia (BRI) dengan Mudah yang sudah tim Pejuang App sampaikan dengan detail. Semoga artikel ini dapat menjawab pertanyaan kalian seputar Cara Cek Bantuan Langsung Tunai (BLT) UMKM. Jika artikel ini bermanfaat maka jangan sungkan untuk membagikannya agar informasi ini menjadi lebih bermanfaat. Salam sukses selalu!