Cara Cek Merek Sudah Terdaftar Atau Belum 1

Dalam membuka usaha maupun bisnis pasti ada yang namanya menyusun rencana atau strategi, entah tentang menghitung modalnya, vendor yang mau dipakai, strategi promosi dan pemasarannya hingga menentukan Merek produk yang sesuai, tepat dan sudah terdaftar sebelumnya. Pentingnya Merek adalah sebagai gambaran awal dari suatu produk ataupun jasa kepada konsumen, sehingga Merk produk atau jasa mampu menciptakan kesan-kesan yang diharapkan mampu diingat oleh para calon konsumen nantinya.

Dalam membuat Merk ada beberapa peraturan seperti syarat maupun juga ketentuannya, agar Merk yang dibuat tidak mengambil hak cipta orang (plagiat), tidak mengandung unsur yang tidak baik dan sebagainya yang melanggar. Artikel kali ini kami mau membahas tentang cara cek Merk, apakah Merek sudah terdaftar atau belum sebelum membuka usaha baik secara offline maupun online

Cara Cek Merk Sudah Terdaftar Atau Belum Secara Offline

Kalian perlu mengecek Merek produk atau jasa kalian sebelum lanjut proses mendaftarkannya, untuk cara cek Merk sudah terdaftar atau belum, bisa melalui dengan cara offline, dimana cara ini terbilang mudah dimengerti karena cara-caranya yang terbilang gampang. Ada beberapa cara cek Merk sudah terdaftar atau belum yang bersifat offline menurut beberapa informasi yang kami dapat dan beberapa sumber yang kami terima.

Untuk cara cek Merk sudah terdaftar atau belum secara offline yaitu dengan cara kalian menelpon ke Optimasi HKI dengan nomor Handphone (WhatsApp) 087877539733 (Fast Response). Cara berikutnya jika kalian tidak direspon saat menelpon nomor tersebut, kalian bisa mengirimkan email yang sudah tertera di portal DJKI. Cara terakhir jika kedua cara tersebut masih belum direspon, kalian bisa langsung datang ke kantor Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual dengan konsultasi secara langsung untuk mengecek Merek dengan para konsultan HKI.

Setelah Merk dinyatakan sudah sah sesuai dengan peraturan dan UU negara Indonesia, maka kalian hanya perlu mendaftarkan Merek tersebut di DJKI sampai mendapatkan sertifikat untuk penerbitan suatu Merek dari DJKI. Untuk informasi lebih jelas dan lengkapnya kalian bisa mengunjungi websitenya, disitu tertera jelas dan rinci, seperti biaya pendaftaran, aturan dan sebagainya sesuai kebijakan dari DJKI.

Cara Cek Merk Sudah Terdaftar Atau Belum Secara Online

Jika kami sudah menjelaskan cara cek Merk sudah terdaftar atau belum melalui cara offline, maka kali ini kami akan menjelaskan cara cek Merk sudah terdaftar atau belum secara online. Untuk cek Merek secara online sudah pasti kalian membutuhkan sebuah perangkat yang memiliki koneksi internet, karena cara yang akan kami jelaskan sudah pasti harus menggunakan internet karena bersifat online.

Cara cek Merk sudah terdaftar atau belum secara online, kalian hanya perlu mengunjungi situs resmi DJKI di http://pdki-indonesia.dgip.go.id lalu selanjutnya jika kalian sudah masuk website tersebut kalian pilih kolom pencarian dengan subject pencarian bebas Merk. Langkah selanjutnya kalian ketik nama Merk dagang dengan jelas dan benar, maka daftar Merk akan langsung muncul.

Jika kalian ingin cara yang lebih detail lagi, kalian hanya perlu memasukan baik nomor, asal pemilik, teks dan sebagainya secara rinci, lalu pilih search all (cari semua), maka selanjutnya kalian hanya tinggal menunggunya saja sampai hasil penemuannya keluar. Untuk lebih mengertinya lagi kalian, kalian hanya perlu mengikuti instruksi dari kami dengan sambil mencobanya ke portal DJKI secara langsung, sehingga kalian mudah memahaminya karena kalian langsung mempraktekannya.

Tujuan artikel ini dibuat agar para calon pengusaha atau pebisnis mengecek terlebih dahulu dalam menentukan Merek yang sesuai dengan peraturan dan UU negara Indonesia atau yang sudah tertera di DJKI. Semoga artikel ini bisa dibagikan agar dapat bermanfaat dan berguna juga bukan hanya dari calon pebisnis dan pengusaha, tetapi juga bisa berguna bagi banyak orang dengan harapan sebagai penambah wawasan dalam sebuah Merek. Sekian artikel dari tim Pejuang dengan judul Informasi Lengkap Tentang Cara Cek Merk Sudah Terdaftar Atau Belum Sebelum Membuka Usaha.