cara daftar produk ke badan pom

Usaha kuliner bisa dibilang menjadi usaha yang sudah digeluti oleh ribuan orang di Indonesia, mulai dari usaha kuliner dengan skala rumahan, maupun dengan skala besar hingga memiliki pabrik sendiri untuk melakukan produksi barang setiap harinya. Tentunya untuk kalian yang memiliki usaha kuliner ada baiknya selalu menjaga kualitas bahan makanan dan juga kebersihan lingkungan kerja atau dapur.

Untuk kalian yang sudah memiliki usaha kuliner dan termasuk dalam usaha menengah serta besar, ada baiknya kalian mencoba untuk daftarkan Badan POM usaha kalian agar konsumen lebih yakin lagi akan usaha kalian. Nah, pada kesempatan kali ini tim Pejuang App akan membahas tentang Cara Mudah Daftar BPOM Agar Usaha Kuliner Semakin Maju. Yuk langsung saja kita simak pada artikel di bawah ini.

Apakah Sulit Untuk Daftar Badan POM atau BPOM?

Jawabannya adalah tidak sulit, karena ada beberapa persyaratan yang juga harus kalian penuhi. Ditambah lagi jika usaha kalian menggunakan bahan-bahan yang berkualitas dan proses pembuatannya juga sangat baik, sangat mungkin untuk Badan POM memberikan izin dengan mudah dan juga tidak berbelit-belit. Tinggal bagaimana dari seberapa sehat dan bagusnya usaha yang kalian miliki.

Tentunya persyaratan untuk mengajukan BPOM sendiri tidaklah susah, tinggal kalian siapkan lalu bisa kalian ajukan. Jika nanti pengajuan kalian ditolak, maka kalian harus melakukan evaluasi mengapa usaha kalian bisa ditolak dan juga alasan dari BPOM itu sendiri. Jika sudah mengevaluasi dan kalian sudah mengoreksi usaha kalian, nantinya kalian bisa mengajukan ulang ke Badan POM.

Apa Saja Persyaratan Untuk Daftar Badan POM atau BPOM?

Untuk persyaratan sendiri seharusnya tidak terlalu sulit karena bisa kalian urus sendiri dan penuhi sebelum daftar ke Badan POM. Mulai dari surat-surat pemberkasan dan juga beberapa uji laboratorium yang menyatakan kalau kandungan produk yang kalian miliki tidaklah berbahaya dan sesuai dengan takaran. Tentunya uji laboratorium ini dilakukan untuk menambah kepercayaan konsumen nantinya. Berikut beberapa berkas yang harus kalian lengkapi.

  • Fotokopi izin industri dari Departemen Perindustrian dan Perdagangan atau Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).
  • Berkas asli hasil uji laboratorium yang berhubungan dengan produk dan terdiri dari klaim gizi, zat yang diklaim pada label, uji kimia, cemaran mikrobiologi dan cemaran logam. Hasil analisa lab tersebut berlaku selama enam bulan.
  • Rancangan label sesuai dengan yang akan diedarkan sekaligus contoh produknya.
  • Formulir pendaftaran yang telah diisi lengkap. Formulir pendaftaran tersebut dapat diperoleh di bagian Tata Usaha Direktorat Penilaian Keamanan Pangan Badan POM.

Tata Cara Daftar Produk ke Badan POM Secara Online

Pada era pandemi seperti ini memang sudah saatnya semua beralih ke sistem online, mulai dari pembayaran pajak online, perpanjang sim online, hingga daftar badan POM pun bisa dilakukan dengan cara online. Tentunya jika persyaratan kalian sudah lengkap bisa langsung mencoba untuk daftar atau registrasi produk ke badan POM secara online dan bisa diakses lewat website https://e-reg.pom.go.id/. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  1. Sebelum mendaftarkan produk, pastikan perusahaan kalian telah terdaftar di layanan online BPOM untuk dapat mengakses e-Registration Pangan maupun Bahan Tambahan Pangan (BTP). Jika perusahaan kalian telah terdaftar di laman e-BPOM, kalian dapat langsung mengisi data produk yang akan didaftarkan.
  2. Untuk mendaftarkan produk, pilih menu Registrasi, Pengajuan Dokumen, dan isi data registrasi produk.
  3. Setelah itu, isi daftar komposisi tabel. Data isian komposisi yang telah dimasukkan masih dapat diubah atau dihapus selama belum memasuki tahap verifikasi.
  4. Setelah memasukkan data komposisi produk, klik tombol Hasil Analisa. Barulah kalian dapat melakukan proses entry data hasil analisis produk.
  5. Simpan hasil analisis produk. Setelah semuanya tersimpan, klik tombol Informasi Gizi dan masukkan data informasi gizi produk kalian .
  6. Langkah selanjutnya setelah memasukkan informasi gizi adalah Klaim Produk.
  7. Setelah semua data telah diisi dan file-file yang di syaratkan telah dikirim, kalian dapat melanjutkan proses registrasi dengan mengirimkan data pada verifikator.

Nah, itulah artikel tentang Yuk Simak Cara Mudah Daftar BPOM Agar Usaha Kuliner Semakin Maju yang sudah dirangkum oleh tim Pejuang App. Semoga artikel ini dapat memecahkan masalah yang sedang kalian hadapi tentang daftar produk ke badan POM. Jika artikel ini bermanfaat jangan sungkan untuk membagikannya kepada yang membutuhkan informasi ini. Salam sukses selalu!