DI era modern seperti saat ini, terdapat jutaan peluang bisnis yang bisa kita jalani mulai dari bisnis tradisional seperti berjualan hingga bisnis investasi kekinian macam crypto mining atau crypto currency. Semua bisnis itu membutuhkan modal, ketekunan, dan juga manajemen system yang baik.. Meski demikian ada satu hal yang sangat penting dan menjadi faktor utama keberhasilan sebuah bisnis dan juga merupakan core atau inti dalam aspek pengembangan bisnis.Kunci tersebut bernama pengembangan SDM agar lebih terampil dan cekatan.

Masalahnya adalah, tidak peduli sebagaimana bagusnya skill manajemen dan juga seberapa besar modal yang kamu punya, tetapi kamu tidak tau cara mengembangkan SDM yang berkualitas. Maka bisnis yang kamu kelola atau jalani akan sulit untuk berkembang dengan baik. Karena SDM yang berkualitas merupakan kunci keberhasilan sebuah bisnis

Oleh karena itu pada artikel kali ini kita akan berdiskusi mengenai cara meningkatkan kualitas SDM yang sudah ada agar usaha kita semakin maju dan berkembang.

Cara Mengembangkan SDM atau Sumber Daya Manusia Secara Efektif

Ada banyak cara mengembangkan SDM yang berkualitas  yang bisa dilakukan dalam pengembangan sumber daya manusia ini. Kami sudah merangkum beberapa cara atau langkah – langkah yang bisa dilakukan untuk mengembangkan SDM di sebuah perusahaan.

1. Melakukan Pelatihan

Untuk mengembangkan SDM seorang pegawai atau karyawan di sebuah perusahaan maka dapat dilakukan pelatihan bagi orang tersebut.  Pelatihan bertujuan untuk mengembangkan kemampuan individu, dalam hal meningkatkan pengetahuan, keterampilan yang dimiliki, serta sikap atau manner  karyawan yang bersangkutan.

Sebuah perusahaan tidak bisa berkembang dengan baik apabila pegawainya tak punya minat pada job desk-nya, dan tidak mempunyai keterampilan khusus. Maka, melalui pelatihan itu, perusahaan bisa menggali potensi atau bakat para karyawannya dengan cara melakukan pengembangan kepada karyawan tersebut. Setiap perusahaan biasanya akan menerapkan suatu training khusus, supaya kualitas karyawannya semakin baik.

2. Melakukan Pendidikan

Selanjutnya ialah pengembangan sumber daya manusia dengan cara edukasi atau pendidikan. Cara pengembangan SDM ini dapat  dilakukan oleh perusahaan dengan jalur pendidikan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kerja, yang merupakan suatu pengembangan diri yang bersifat formal dan berhubungan langsung dengan karir mereka di perusahaan tersebut..

Para pekerja di suatu perusahaan tetap membutuhkan pendidikan, yang kedepannya, pendidikan itu akan membantu mereka dalam mengatasi segala problematika yang mungkin terjadi di pekerjaan mereka. Karena di dalam pendidikan itu sendiri, akan diajarkan banyak cara atau problem solving yang bisa digunakan untuk mengatasi segala masalah yang timbul.

3. Melakukan Pembinaan

Berikutnya ialah melakukan pembinaan para karyawan di suatu perusahaan untuk mengembangkan SDM/  Pembinaan bisa dilakukan dengan mengatur serta membina para pegawai atau karyawan yang menjadi subsistem organisasi, dengan melalui beberapa program penilaian atau assessment  dan juga perencanaan. Hal-hal tersebut dapat menjadi salah satu strategi yang tepat dalam melakukan pengembangan sumber daya manusia di sebuah perusahaan tertentu, sehingga SDM yang dihasilkan dari pembinaan ini akan jauh lebih berkualitas.

Pembinaan terhadap sumber daya manusia pada suatu perusahaan bertujuan untuk mengembangkan skill karyawan, namun juga agar para karyawan yang bersangkutan mengerti dan memahami tentang mengapa dalam sebuah perusahaan atau organisasi ada aturan atau rule yang berlaku, termasuk bagaimana cara karyawan mematuhi SOP sebuah perusahaan.

4. Melakukan Perekrutan

Mengembangkan SDM dengan cara rekrutmen sebagai langkah pengembangan sumber daya manusia. Melakukan rekrutmen pada suatu perusahaan bertujuan untuk mendapatkan sumber daya manusia yang berkualitas, Hal ini bisa dilakukan dengan menyesuaikan kualifikasi kebutuhan perusahaan tersebut yang nantinya akan menjadi alat organisasi dalam hal pengembangan dan juga pembaharuan sumber daya manusia. Biasanya strategi recruitment ini dilakukan oleh perusahaan pada saat mereka memilih dan memilah calon pekerja yang sedang melamar di perusahaan tersebut.

5. Melakukan Perubahan Sistem

Hal ini mungkin terdengar asing dan agak ekstrim terutama bagi para pemangku kebijakan dan pemilik perusahaan. Dalam menyesuaikan sistem serta SOP atau struktur organisasi di dalam suatu perusahaan, dapat dilakukan dengan cara mengubah sistem yang sudah ada dengan tujuan mengganti dengan sistem yang lebih baik. Target dari perubahan ini adalah untuk melakukan penyesuaian atau adaptasi terhadap perubahan baik eksternal maupun internal perusahaan agar perusahaan tersebut tetap kompetitif dan relevan.

Sistem kerja pada suatu perusahaan pada dasarnya akan mendukung aktivitas dan operasional perusahaan, agar berjalan dengan lebih baik. Untuk membuat suatu sistem yang bagus di dalam perusahaan,Oleh karena itu diharapkan para pemilik perusahaan maupun top management agar tidak anti terhadap perubahan sistem yang harus terjadi.

6. Memberi Kesempatan

Aspek yang tidak kalah penting dalam pengembangan SDM adalah dengan memberi kesempatan pada setiap karyawan untuk menyalurkan ide, gagasan, pikiran, dan kreativitas mereka, yang akan membuat progres pada perusahaan tersebut. Kesempatan yang diberikan kepada karyawan di dalam perusahaan itu akan membuat tiap karyawan menyumbangkan dan merasakan kontribusi yang mereka lakukan bagi perusahaan. Hal itu juga akan membuat karyawan menjadi merasa lebih dihargai sekaligus membuat mereka menjadi lebih berkembang dan menjadi lebih loyal.

7. Memberikan Penghargaan

Langkah terakhir dan yang terpenting adalah memberikan penghargaan kepada para pegawai. Jangan ragu atau pelit untuk memberi apresiasi atau penghargaan kepada para pegawai yang berprestasi atau yang berkontribusi positif terhadap perusahaan. Apresiasi bisa berupa kenaikan gaji, promosi, bahkan hal sederhana seperti ucapan terima kasih dari perusahaan atau atasan langsung karyawan tersebut.

Karyawan yang merasa dihargai akan cenderung lebih termotivasi dan bekerja lebih baik lagi, dan juga akan membantu mereka lebih berkembang.

Agar suatu perusahaan bisa berkembang dengan baik, maka pengembangan SDM wajib dilakukan. Tidak bisa disangkal bahwa SDM merupakan core business sebuah perusahaan, sebab SDM lah yang menjalankan semua bentuk operasional sebuah perusahaan.

Dengan SDM yang baik maka akan didapat sebuah organisasi dan sistem perusahaan yang berkualitas, yang mana ujung – ujungnya adalah meningkatnya value perusahaan tersebut. Demikianlah pembahasan mengenai cara mengembangkan SDM yang berkualitas. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kawan – kawan.