Agar bisnis yang akan kita rintis atau sedang dijalani makin berkembang dan menghasilkan keuntungan yang besar, maka kita memerlukan modal, pengetahuan mengelola keuangan dan satu hal yang tak boleh dilupakan; yaitu promosi atau istilah yang sering dipakai adalah strategi pemasaran.

Hal terpenting dalam bisnis ialah bagaimana supaya produk kita dikenal banyak orang, hingga akhirnya orang – orang tersebut menjadi potential buyer atau menjadi calon konsumen kita. Nah, berhubung di masa sulit seperti ini banyak yang baru saja memulai bisnis kecil – kecilan atau UMKM, maka tentu saja strategi pemasaran atau promosi yang paling hemat dan efisien ialah melalui jejaring sosial Facebook. Untuk itu di artikel kali ini kita akan membahas cara promosi di facebook dengan mudah.

Cara Promosi Di Facebook Gratis

Facebook merupakan media sosial terbesar di dunia dengan total pengguna aktif perbulannya mencapai lebih dari dua miliar pengguna perminggu. Sedangkan di Indonesia sendiri, pengguna aktifnya mencapai angka 175 juta pengguna. Dari angka tersebut, kita bisa melihat betapa besar potensi medsos yang digawangi Mark Zuckerberg tersebut sebagai ajang promosi atau tempat pemasaran produk.

Menariknya, dengan potensi pasar sebesar itu, kita bisa beriklan atau promosi di Facebook tanpa biaya alias gratis, dan hal ini sangat cocok dengan kalian yang baru saja merintis usaha UMKM dengan cara promosi di facebook.

Agar promosi gratis di Facebook berjalan dengan baik, kalian harus punya Fanpage di Facebook. Fanpage di FB menjadikan kalian bisa membuat profil yang lebih lengkap dan sangat cocok dengan kegiatan promosi gratis. Terlebih pada Fanpage FB, kalian bisa menyisipkan tautan laman website. Tentu saja yang kalian harus sisipkan adalah tautan web tentang produk yang ingin kalian pasarkan.

Bila kalian sudah memiliki Fanpage seperti yang diuraikan di atas, jangan lupa untuk selalu melakukan pembaruan atau update agar informasi atau pemasaran yang kalian lakukan selalu up to date. Terlebih, dengan semakin banyaknya orang yang melek internet, kalian juga bisa semakin meningkatkan performa promosimu dengan cara membagikan atau share Fanpage FB kalian ke grup WhatsApp atau grup media sosial lain agar makin banyak orang yang tau tentang bisnis yang sedang kalian geluti.

Cara Promosi Di Facebook Marketplace

Kalau pada paragraf di atas kita sudah membahas cara promosi di Facebook secara gratis, maka berikutnya kita akan berdiskusi mengenai cara promosi di Facebook Marketplace, Pertama kita harus tau apa itu Facebook Marketplace yang secara singkat adalah tools promosi yang sangat penting di Facebook. Terutama bagi siapapun yang ingin menjual produk, dengan menargetkan audiens atau orang yang melihat iklan kita secara spesifik.

Langsung saja kami akan jelaskan bagaimana membuat akun Facebook untuk berbisnis, dan berikut adalah langkah – langkahnya.

  1. Pastikan kalian sudah punya akun aktif Facebook. Atau bila belum, silakan buat akun normal Facebook seperti biasa.
  2. Klik menu tiga garis pada kanan atas akun Facebook-mu lalu pilih Pengaturan atau Setting
  3. Kemudian pilihlah menu untuk menyunting atau edit nama Facebook kalian.
  4. Ganti nama Facebook-mu dengan nama bisnis sesuai bidang bisnismu.
  5. kalian akan diberikan notifikasi lewat SMS atau email atas perubahan nama ini.
  6. Simpan perubahan tersebut
  7. Usai menyelesaikan langkah – langkah di atas maka nama akunmu telah berubah dari nama personal le nama komersil, dan kalian pun sudah mulai bisa berjualan atau berbisnis.

Yang kalian perlu perhatikan ialah, karena akunmu sudah berubah menjadi akun bisnis, maka mulailah posting sesuatu yang berhubungan dengan bisnismu atau melakukan promosi produk yang sedang kalian pasarkan.

Cara Promosi Di Facebook Berbayar

Yang terakhir kita akan membahas cara promosi di Facebook dengan cara berbayar atau yang biasa disebut Facebook Ads. Facebook Ads sendiri merupakan fitur beriklan yang ditawarkan oleh Facebook dengan jangkauan audiens para pengguna Facebook. Mirip dengan Facebook Marketplace? Bedanya yang ini berbayar dan tentu saja fitur yang disediakan jauh lebih banyak.

Proses untuk beriklan berbayar di FB pun mirip – mirip dengan Facebook Marketplace bedanya adalah saat pembuatan akun, kalian harus masuk ke https://www.facebook.com/ads/manage atau link yang memuat Facebook Ads Manager. Di tautan tersebut kalian bisa memilih budget untuk beriklan dan juga target audiens kalian serta banyak fitur lainnya.

Hebatnya bila kalian memakai cara promosi di Facebook berbayar ini, kalian akan mendapatkan analisis atau data dari iklan yang kalian tampilkan. Data – data ini tentu saja sangat berharga agar kalian bisa menentukan strategi promosi ke depannya. Dengan kata lain,, data yang didapatkan dari hasil iklan itu penting. Mulai dari impresi, jangkauan, CTR, conversion rate, dan lain-lain bisa kalian akses untuk kalian analisa lebih lanjut. kalian juga dapat mengukur keberhasilan dari iklanmu.

Facebook selain dapat digunakan untuk having fun ternyata bisa juga dimanfaatkan untuk beriklan karena ia mempunyai jangkauan audiens yang sangat besar. Hal ini sangat pas bagi kalian yang memulai usaha UMKM atau sedang mengembangkan bisnis dengan cara promosi di Facebook. 

Selain promosi dengan cara konvensional tentu cara promosi di Facebook lebih menjanjikan dan lebih bisa tepat sasaran. Selain itu promosi di FB bisa juga dilakukan dengan nir biaya alias gratis. Jadi tunggu apa lagi? Silakan mencoba berpromosi di Facebook untuk mengembangkan bisnis kalian.