usaha ayam geprek rumahan 1

Makanan merupakan salah satu kebutuhan makhluk hidup sehari-hari, terutama manusia. Setiap manusia pasti membutuhkan makanan sebagai asupan tubuhnya, untuk mendapatkan energi agar dapat melakukan kegiatan sehari-hari. Berbisnis makanan adalah salah satu bisnis yang masih sangat banyak penggemarnya, berbagai macam makanan dijadikan sebagai ide bisnis, dari mie ayam, ayam goreng, ayam bakar, bahkan bagi pecinta makanan pedas pun menjadi salah satu target market para pebisnis makanan.

Nyata nya makanan bercita rasa pedas sangat banyak peminat nya seperti hal nya ayam geprek. Oleh karena itu kali ini Pejuang.co.id akan membahas tentang ide bisnis peluang usaha ayam geprek bagi kalian para pemula. 

Modal Bisnis Usaha Ayam Geprek

usaha ayam geprek rumahan 1

Modal usaha yang dibutuhkan untuk memulai bisnis ayam geprek ini cukup beragam kurang lebih sekitar 20jutaan. Dengan modal 20jutaan ini sudah termasuk biaya peralatan masak, biaya promosi, operasioanal. biaya sewa tempat, dan juga termasuk biaya tidak terduga. Jika kalian sudah memiliki tempat dan peralatan masak yang memadai tentu kalian tidak perlu mengeluarkan modal sebanyak itu, karena sebetulnya untuk memulai bisnis ayam geprek ini tergantung pada budget yang kalian miliki. 

Bagi sebagian orang ‘promosi’ merupakan hal yang tidak perlu dilakukan, namun fakta lapangan konsumen akan lebih tertarik jika dilakukan promosi. Dengan begitu para konsumen akan lebih mudah datang ke tempat usaha baru kalian, dan mencoba ayam geprek yang kalian jual. Jika rasa yang kalian jual cocok dengan lidah konsumen, tentu tanpa promosi pun mereka akan kembali datang untuk membeli ayam geprek kalian.

Cara Memulai Usaha Ayam Geprek Rumahan

Untuk memulai usaha ayam geprek rumahan nyata nya lebih mudah, di banding kan jika kalian memulai usaha ayam geprek dengan franchise ataupun menyewa tempat seperti di ruko atau di kaki lima. Selain menghemat biaya sewa tempat, kalian juga dapat melakukan promosi awal kepada tetangga setempat sehingga tidak memerlukan modal yang begitu besar. Berikut beberapa tips cara memulai usaha ayam geprek rumahan.

Riset Pasar Ayam Geprek Rumahan

Untuk mengawali bisnis usaha ayam geprek kalian, kalian perlu melakukan riset pasar. Apakah sekiranya usaha ini cocok dijalankan disekitar rumah kalian, apakah target pasar dapat terpenuhi, apakah lokasi rumah kalian cukup strategis. Dengan begitu kalian dapat mengetahui calon pelanggan kalian nanti nya.

Membuat Perencanaan Usaha Ayam Geprek Rumahan

Selanjutnya kalian perlu membuat rencana usaha, dimana letak usaha kalian nanti nya. Apakah di teras rumah kalian, atau di dalam rumah kalian. Bagaimana proses penjualan akan berlangsung, bagaimana tata letak usaha ayam geprek kalian dirumah nanti nya. Ayam ukuran apa yang akan kalian gunakan, bahan dasar apa saja yang diperlukan, bagaimana cara mengolah ayam yang akan kalian jual sehingga konsumen akan merasa ayam geprek kalian terasa begitu nikmat. Hal-hal tersebut perlu dilakukan agar kalian tidak kebingungan saat memulai usaha ayam geprek dirumah kalian karena sudah memiliki perencanaan usaha sebelumnya.

Promosi Ayam Geprek Rumahan

Dari segi bisnis promosi merupakan salah satu aspek penting untuk menarik pelanggan. Oleh karena itu, untuk mengawali bisnis ayam geprek ini tentu kalian perlu memikirkan teknik promosi apa yang akan kalian gunakan. Apakah kalian akan membuat promosi ‘buy 1 get 1’ atau potongan harga minimum pembelian sekian, atau masih banyak teknik promosi lainnya yang dapat kalian gunakan untuk menarik pelanggan.

Daftarkan Ayam Geprek Rumahan di Gofood dan Grab food 

Mendaftarkan usaha makanan kalian pada kedua aplikasi ini merupakan sebuah bentuk usaha yang baik untuk menarik pelanggan. Dengan begitu kalian tidak hanya menarik pelanggan dari tetangga kalian saja, tetapi juga bisa mendapatkan pelanggan dari sekitaran rumah kalian. Selain itu kalian tidak perlu memikirkan promosi, karena biasanya kalian dapat membuat promosi langsung melalui aplikasi keduanya. Keuntungan lainnya yaitu, kalian juga dapat mengukur target pasar serta rasa dari makanan kalian apakah sekiranya banyak yang menyukai ayam geprek rumahan yang kalian jual. Karena kalian dapat melihatnya dari rating dan juga informasi resto kalian di kedua aplikasi ini.

Itulah beberapa tips dan trik serta modal untuk memulai usaha ayam geprek, semoga informasi ini dapat menginspirasi serta membantu kalian untuk memulai usaha ayam geprek. Simak artikel Pejuang.co.id lainnya, salam sukses dan sehat selalu!