Perekonomian saat ini bisa dibilang sedang tidak bergairah bahkan cenderung sulit bila dilihat dari kacamata makro maupun mikro. Penyebabnya apa lagi kalau bukan pandemi global Covid-19 yang masih belum mampu ditangani sepenuhnya oleh komunitas dan masyarakat di seluruh dunia. Dampak pagebluk yang paling terasa selain korban jiwa, adalah di sektor ekonomi, yang tentu saja berdampak besar pada kondisi ekonomi terutama bagi mereka yang terdampak langsung.

Ribuan bahkan jutaan pekerja di berbagai sektor ekonomi terpaksa harus kehilangan sebagian mata pencaharian mereka karena pemotongan gaji atau malah kehilangan pendapatan seluruhnya akibat perusahaan yang terpaksa menghentikan produksi mereka. Meski pemerintah memberikan bantuan berupa insentif atau bantuan langsung, namun hal tersebut belum mampu untuk memenuhi kebutuhan orang – orang yang kurang beruntung tersebut.

Salah satu cara untuk bertahan di tengah kondisi sulit seperti ini ialah dengan melakukan wirausaha mandiri. Selain modal, tantangan terbesar saat hendak memulai bisnis ialah membuat laporan keuangan sederhana. Karena banyak orang yang merintis bisni harus kandas lantaran kurangnya pengetahuan soal membuat laporan keuangan sederhana. Maka dari itu di artikel ini kami akan menyajikan informasi mengenai contoh laporan keuangan sederhana yang kiranya dapat membantu teman – teman untuk memulai bisni ataupun untuk melakukan pencatatan keuangan sehari – hari.

Berikut ialah contoh laporan keuangan sederhana yang kami himpun.

Contoh Laporan Keuangan Sederhana dengan Microsoft Excel

Microsoft Excel merupakan perangkat lunak buatan Microsoft yang sudah sangat terkenal keandalannya dalam mengelola pelbagai jenis data, baik dalam skala profesional ataupun rumahan. Maka lumrah rasanya bila kita memakai aplikasi pengolah data terpopuler ini untuk membuat contoh laporan keuangan sederhana. Karena selain mudah dioperasikan, Ms. Excel hampir selalu ada di komputer ataupun  laptop pekerja kantoran, mahasiswa, anak sekolah, hingga perangkat rumahan.

Kalau ini merupakan kali pertama kamu membuat contoh laporan keuangan sederhana menggunakan Ms. Excel, hal ini yang harus kamu perhatikan:

laporan keuangan

Contoh abel di atas berisi data transaksi baik transaksi masuk maupun transaksi keluar, jadi tabel di atas bisa juga disebut sebagai contoh laporan keuangan sederhana karena berisi pembukuan. 

Tidak hanya digunakan sebagai media pencatatan data, MS Excel sangat baik dalam melakukan pengolahan data secara otomatis. Meski begitu untuk dapat berjalan secara otomatis, kita perlu memasukan formula atau rumus yang sesuai dengan data yang kita masukan. Untuk contoh laporan keuangan sederhana kebanyakan rumus yang dipakai ialah SUM atau summary yang langsung menjumlahkan seluruh data transaksi yang sudah dimasukan dan juga AVERAGE atau rerata untuk melihat rata – rata dari seluruh data yang telah kita masukan.

Contoh laporan keuangan sederhana di atas cukup efektif bagi kamu yang baru merintis usaha dan juga buat kamu yang masih sangat awam dengan Ms. Excel. Karena memang harus diakui, software buatan Microsoft itu lebih kompleks dibanding saudara – saudaranya macam Ms. Word ataupun Ms. Powerpoint. Walau demikian, jika kamu sudah terbiasa dan sedikit mahir dengan Excel, maka pengelolaan data maupun membuat laporan keuangan akan menjadi jauh lebih mudah dan menyenangkan.

Contoh Laporan Keuangan Sederhana Usaha Kecil

Setelah sebelumnya kita bahas contoh laporan keuangan sederhana menggunakan Ms. Excel, pada alinea ini kita akan berdiskusi mengenai contoh laporan keuangan sederhana pada UMKM atau usaha kecil menengah dengan teknik yang lebih konvensional, yaitu pembukuan manual.

Pembukuan manual masih cukup banyak digunakan pada bisnis kecil maupun bisnis keluarga, terutama yang dijalankan oleh generasi – generasi orang yang lebih tua. Meski terkesan agak kuno dan merepotkan, pembukuan manual masih banyak dilakukan oleh pelaku UMKM.  Untuk melakukan pembukuan manual atau membuat contoh laporan keuangan sederhana secara konvensional, berikut adalah hal – hal yang kamu butuhkan.

Buku Khusus untuk Melakukan Pencatatan Pengeluaran

Ketika awal merintis bisnis, kamu harus punya buku khusus untuk membuat pencatatan pengeluaran atau transaksi keluar. Catat semua expense atau pengeluaran; mulai dari pembelian dan pengeluaran beserta biayanya dengan jelas. Hal dilakukan agar kamu mengetahui arus keluar ataupun modal usaha yang sudah kamu keluarkan.

Buku  Khusus Untuk Pencatatan Pemasukan

Bila kamu sudah punya buku khusus untuk pengeluaran, maka kamu juga wajib memiliki buku khusus pemasukan. Segala hal yang berhubungan dengan pemasukan atau pendapatan, termasuk penjualan barang dan piutang yang telah dibayar, harus kamu masukan dan catat di buku ini. Hal ini bertujuan agar kamu tahu dengan jelas berapa pemasukan yang kamu peroleh.

Buku Khusus Pencatatan Kas Utama

Buku ini merupakan gabungan antara buku khusus pemasukan dan pengeluaran. Tujuan dari pencatatan di buku ini adalah agar kamu tahu lebih spesifik mengenai jumlah kerugian ataupun keuntungan yang kamu dapat. Selain itu, kegunaan dari buku ini juga sebagai dasar perencanaan strategi bisnis kedepannya.

Buku Khusus Arus Keluar Masuk / Stok Barang

Dalam sebuah bisnis, ada hal lain yang harus kamu perhatikan dan kuasai selain untung – rugi atau pemasukan pengeluaran. Hal itu ialah pencatatan arus keluar masuk barang yang harus dilakukan secara berkesinambungan dan dilakukan tiap hari. 

Buku ini juga dapat digunakan untuk memantau ketersediaan barang yang kamu punya, dan juga dapat digunakan untuk memonitor apabila ada kecurangan yang bisa saja dilakukan pegawaimu atau supplier barang.

Buku Khusus Pencatatan Inventaris Barang

Buku ini bertuga mencatat semua aset yang bisnis yang kamu / perusahaan punya. Baik yang sudah kamu beli maupun yang ada dalam kuasamu. Kegunaannya ialah mencatat dan mengendalikan atau mengontrol aset perusahaan.

Agar bisnis yang tengah kita rintis atau jalankan bisa survive dan makin berkembangm dibutuhkan manajemen keuangan yang bagus. Tidak perlu pusing dengan laporan keuangan yang rumit dan njelimet macam laporan keuangan negara atau laporan keuangan Pertamina. Untuk bisnis UMKM hendaklah kita membuat contoh laporan keuangan sederhana yang sesuai dengan sumber daya yang kita miliki. 

Dengan menerapkan beberapa contoh di atas, diharapkan teman – teman dapat mulai membuat laporan keuangan yang lebih baik yang pastinya berimbas positif pada bisnis UMKM yang sedang atau ingin kalian mulai.