fintech bantu umkm

UMKM sejatinya menjadi salah satu roda pergerakan para pengusaha yang memulai usahanya dari nol. Tentunya di Indonesia terdapat kurang lebih 60 juta Usaha Kecil Menengah atau yang disingkat menjadi UKM, namun sangat disayangkan kalau dari 60 juta UKM tersebut hanya 12% saja yang mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat di era pandemi seperti ini. Tentunya penurunan daya jual dan juga lemahnya daya beli membuat lesu para pelaku UKM satu tahun kebelakang.

Menurut Vice President Commercial and Revenue Growth Oriente, Sirish Kumar yang dilansir dari Liputan6.com, permasalahan UMKM saat ini hanya ada pada masalah permodalan. Tentunya dengan adanya suntikan dana atau modal, UMKM sendiri dapat berinovasi untuk menciptakan usaha yang lebih inovatif dan juga dapat bertahan lebih lama dalam badai pandemi yang sudah terjadi setahun kebelakang.

Lonjakan Penggunaan Teknologi Fintech Dorong UMKM di Indonesia

“Di sinilah teknologi non-bank atau Fintech dapat memainkan peran penting dengan menganalisis sumber data alternatif, membangun model penilaian kredit baru, dan memperluas akses keuangan tanpa bias,” kata dia dalam tulisannya, Selasa (6/4/2021) yang dikutip dari Liputan6.com. “Dalam percakapan saya dengan pemasok, mereka melihat kebutuhan mendesak akan aplikasi seluler yang dapat mendigitalkan pengadaan dan manajemen inventaris di seluruh jaringan pengecer mereka,” tambahnya.

Namun ada kabar yang baik juga yang lahir dari Pandemi ini, terdapat lonjakan inovasi pembayaran yang cukup signifikan sehingga membuat orang mau tidak mau melek akan teknologi Fintech yang sebelumnya cukup asing menjadi familiar dengan berbagai macam pembayaran virtual karena rasa takut akan memegang dan menyimpan uang dalam bentuk fisik. Tentunya dengan adanya hal ini, para konsumen di Indonesia bisa menciptakan sebuah ekosistem baru yang mendukung para Fintech untuk lebih berkembang lagi di Indonesia.

Tentunya dengan adanya koneksi antara UMKM dan juga Fintech bisa menjadikan sebuah hubungan yang saling menguntungkan satu sama lain. Dengan adanya pendanaan dari Fintech untuk UMKM maka dengan harapan bisa mendorong lagi Usaha Kecil Menengah dapat bertahan di era pandemi dan juga kembali berinovasi lagi menciptakan hal yang baru dan juga bisa dinikmati oleh banyak konsumen di Indonesia.

Tentunya masih ada banyak lagi artikel menarik tentang UMKM dan juga ide peluang bisnis yang bisa kalian lihat di Pejuang.co.id. Jika kalian terbantu dengan informasi yang kami sajikan pada artikel ini bisa membagikannya kepada siapapun yang membutuhkan informasi ini. Semoga UMKM di Indonesia makin maju dan juga bisa bersaing hingga ke kancah Internasional. Salam sukses selalu!