Siapa yang tidak menyukai berpariwisata? Tentu mayoritas masyarakat jika ditanya sangat menyukai pariwisata. Dengan berpariwisata membuat diri kita menjadi seperti merefresh otak dan pikiran dari segala hiruk pikuk yang biasa dilakukan sehari-hari, entah itu pekerja, anak sekolah, bahkan ibu rumah tangga sekalipun.

Kali ini Pejuang.co.id akan membahas tentang jenis usaha jasa pariwisata yang cukup menjanjikan, tentunya setelah masa pandemi yang sedang terjadi saat ini berakhir ya sobat!

Pariwisata dapat diartikan sebuah perjalanan yang dilakukan untuk liburan atau aktivitas lainnya. Biasanya orang-orang akan berpariwisata ke tempat-tempat yang mereka belum pernah kunjungi atau tempat yang mereka sukai. Lalu bisnis apakah yang dapat dijalankan pada sektor pariwisata ini? Mari kita bahas bersama yuk!

Usaha dalam bidang pariwisata hingga saat ini masih cukup banyak diminati, karena cakupan yang dapat dijalankan terbilang cukup luas. Keuntungan yang didapatkan pun cukup menjanjikan sehingga banyak yang meminati bisnis ini. Selain itu bagi kalian yang hobi dalam berpariwisata juga dapat menjalani bisnis dalam bidang pariwisata ini, bisnis pariwisata ini dapat dijalankan secara perseorangan maupun berbadan perusahaan. Mari kita bahas bisnis yang menjanjikan pada bidang pariwisata.

Tour Guide

Usaha ini cukup menjanjikan selain di dalam negeri, di luar negeri pun cukup banyak peminat nya. Biasanya orang-orang yang menguasai beberapa bahasa asing akan banyak dicari oleh perusahaan yang menyediakan jasa tour guide. Bahkan jika kalian sendiri yang memiliki kemampuan itu, kalian dapat memulai usaha jenis ini sendiri tanpa mengikuti badan perusahaan sehingga tentunya akan lebih banyak mendapat keuntungan.

Agen Perjalanan

Meskipun sudah banyak aplikasi yang menyediakan jasa ini, namun nyatanya masih banyak agen perjalanan yang tersedia dibeberapa daerah. Bahkan ada yang membuka usaha ini di dalam mall, berarti usaha ini terbilang cukup menjanjikan untuk kalian yang ingin memulai usaha dalam bidang pariwisata. Biasanya agen perjalanan seperti ini sudah memiliki beberapa paket perjalanan sehingga biaya yang dikeluarkan para konsumen terbilang lebih murah jika di bandingkan tanpa menggunakan jasa agen perjalanan.

Hotel Transit

Biasanya hotel transit ini banyak diminati para turis yang ingin melakukan perjalanan keluar negeri, hotel ini tersedia disekitaran bandara. Dengan adanya hotel transit ini yang menyediakan fasilitas yang dibutuhkan untuk sekedar beristirahat disamping menunggu waktu keberangkatan pesawat selanjutnya, hotel transit ini juga diperlukan untuk mengurangi penumpukan pengunjung di area bandara. Bisnis ini terlihat sangat menjanjikan karena banyaknya waktu penerbangan yang memerlukan penerbangan lanjutan dan waktu yang diperlukan pun biasanya terbilang lama. Sehingga hotel transit ini akan menjadi pilihan para pariwisatawan.

Jasa Penyewaan Modem Wi-Fi

Bisnis ini terbilang belum lama hadir di dunia jasa pariwisata. Biasanya para turis harus menggunakan nomor baru di tempat yang akan dikunjungi untuk tetap dapat mengakses internet atau sekedar berkomunikasi dengan para kerabat dirumah. Dengan adanya jasa ini menjadikan para konsumen lebih mudah melakukan komunikasi serta mengakses jaringan internet, karena tidak perlu lagi membeli nomor baru. Kalian cukup menggunakan modem wi-fi portable yang bisa dibawa kemanapun untuk sekedar mengupload foto ke instagram atau melakukan kegiatan lainnya menggunakan smartphone kalian. Biasanya bisnis ini akan diperlukan jika kalian akan melakukan perjalanan sepekan atau lebih, sehingga biaya yang dikeluarkan pun sebanding dengan kebutuhan kalian.

Jasa Penyewaan Kendaraan

Di dalam negeri khusus nya kota-kota wisata yang sudah terkenal tentu kalian tidak asing lagi dengan adanya jasa penyewaan kendaraan. Entah itu kendaraan roda dua maupun roda empat, harga yang ditawarkan pun cukup beragam dan juga ada beberapa jenis kendaraan yang umumnya biasa digunakan untuk sekedar bepergian untuk mengelilingi kota yang sedang kalian kunjungi. Cukup dengan meminta fotocopy KTP dan juga SIM para jasa penyewaan kendaraan sudah dapat menyewakan kendaraan nya. Bisnis ini sering terlihat di seperti Yogyakarta, Malang, Padang, dan masih banyak kota lainnya. Bisnis ini juga terbilang cukup menjanjikan karena kalian dapat meraup keuntungan dengan cara yang cukup mudah. Apalagi jika kalian memiliki kendaraan lebih dari satu, tentunya kendaraan yang kalian miliki bisa menghasilkan.

Nah itulah beberapa jenis usaha dalam bidang pariwisata yang patut kalian coba, selain tidak memerlukan modal yang banyak tapi kalian dapat meraup keuntungan dengan keahlian ataupun barang-barang yang kalian miliki. Tidak perlu ragu untuk memulai nya sobat, asal sudah memahami serta memiliiki perencanaan yang matang dapat dipastikan bisnis ini dapat berjalan dengan maksimal. Salam sehat dan sukses selalu!