Beberapa tahun terakhir, dunia e-commerce atau Electronic Commerce di Indonesia semakin menjamur. Sudah banyak sekali bermunculan marketplace untuk bersaing mendapatkan keuntungan dari orang Indonesia yang gemar berbelanja secara daring. 

E-Commerce menjadi primadona dan secara perlahan namun pasti mulai menggeser tempat belanja tradisional, dan hal itu terbukti dengan tutupnya beberapa Pasar Swalayan besar yang dahulu sempat mendominasi atau menjadi pusat belanja masyarakat Tanah Air.

Oleh karena itu pada artikel kali ini kita akan membahas secara lengkap kelebihan dan kekurangan e-commerce untuk berjualan secara daring. Mengingat tingginya antusiasme dalam berbelanja online, maka akan sangat penting bagi kalian yang mempunya bisnis untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan e-commerce sebelum kalian terjun ke dalamnya.

5 Kelebihan E-Commerce yang Wajib Kalian Ketahui

Sebelum kita membahas kelebihan dari e-commerce, ada baiknya kita memahami pengertian dari e-commerce itu sendiri. E-Commerce  adalah sebuah bentuk bisnis di mana aktivitas jual – beli dilakukan secara daring atau online melalui layanan jaringan internet. Transaksi yang terjadi di e-commerce tidak terbatas pada produk fisik saja namun juga dapat berbentuk layanan atau jasa dan juga pertukaran informasi atau data. 

Usai memahami pengertian atau definisi dari e-commerce maka langsung saja kita bahas lima kelebihan dari e-commerce;

Berkurangnya Biaya yang Dikeluarkan

Dibandingkan dengan bisnis tradisional atau yang berbasis luring, e-commerce ternyata memerlukan biaya operasional yang jauh lebih sedikit karena e-commerce tidak perlu biaya tambahan untuk menyewa bangunan atau membayar tempat. 

Hal ini berdampak sangat baik bagi pelaku usaha mengingat biaya tersebut bisa dialihkan untuk mengembangkan bisnisnya alih – alih dibuat untuk membayar biaya operasional yang muncul tersebut.

E-Commerce Mempunyai Jangkauan yang Sangat Luas.

Kalau bisnis offline terbatas dan terkendala lokasi serta jarak yang timbul antara penjual dan pembeli, maka dalam bisnis online, hal itu bukanlah sebuah rintangan. 

E-commerce memiliki potensi jangkauan yang sangat besar. Karena e-commerce adalah platform yang menggunakan layanan internet untuk melakukan transaksi, orang-orang di seluruh daerah di Indonesia bahkan di seluruh dunia dapat mengakses dan membeli produk atau jasa yang ditawarkan sepanjang ada akses internet yang dapat digunakan untuk mengakses e-commerce. 

E-Commerce Dapat Diakses Kapan Saja

Apabila toko atau pasar berbasis tradisional umumnya mempunyai jam operasional tertentu yang mengikuti jam operasional di mana toko itu berada, maka di bisnis e-commerce, hal itu sangat berbeda.

E-commerce memungkinkan toko kalian bisa diakses kapan saja selama 24 jam  perhari tanpa harus mengeluarkan biaya operasional yang besar untuk membuka toko setiap hari bila dibandingkan dengan membuka toko secara tradisional.

E-Commerce Memungkinkan Pertukaran Informasi yang Lebih Cepat

Dengan e-commerce pertukaran informasi antara penjual dan pembeli menjadi lebih cepat dan bisa secara real time karena dilakukan secara online. Informasi termasuk yang berbentuk spesifikasi produk yang ditawarkan, perkenalan produk terbaru hingga promosi yang diberikan oleh penjual.

E-Commerce Memungkinkan Terjadinya Pengiriman Barang yang Cepat

Pengiriman barang yang cepat dan mudah tanpa ribet adalah salah satu keuntungan dan ciri khas yang didapat dari e-commerce. Hal itu memungkinkan karena jarak dari pemesanan dan penerimaan barang yang cepat, para pengguna e-commerce kerap kali melakukan repeat order atau pemesanan berulang. Hal ini dikarenakan jasa pengiriman barang atau delivery service yang kini terus berkembang memberikan pelayanan yang makin hari makin cepat.

Bahkan, banyak platform e-commerce yang memberikan gratis ongkos kirim dengan ketentuan dan syarat tertentu. Tentu saja hal ini makin mendorong minat orang – orang berbelanja secara daring.

5 Kekurangan E-Commerce yang Wajib Kalian Waspadai

E-commerce memang merupakan tempat yang sangat mengasyikan untuk memulai bisnis atau sebagai konsumen. Meski demikian, kalian wajib mewaspadai kekurangan atau kelemahan yang ada pada e-commerce, dan berikut daftarnya;

Penerimaan dan Penyerapan Teknologi

Benar bahwa e-commerce merupakan tempat yang sangat baik untuk berbisnis dan ia juga menawarkan banyak kelebihan, Namun, e-commerce termasuk ke dalam teknologi baru yang mana perlu waktu bagi orang untuk memahami sistem dan prosedurnya.

Belum lagi bagi masyarakat yang sangat awam akan teknologi, akan semakin sulit untuk mengikuti perkembangan e-commerce yang mempunya fitur – fitur yang makin hari makin canggih dan rumit.

Masalah Kepercayaan.

Berbeda dengan bisnis tradisional yang mana pembeli mendatangi toko penjual untuk bertransaksi, sedangkan dalam e-commerce semua dilakukan dalam jaringan internet. Hal ini sangat berpotensi memberikan trust issue, bagi para pelanggan baru, apalagi bila mendapatkan pengalaman yang tidak menyenangkan saat berbelanja online.

Masalah Keamanan

Faktor keamanan juga menjadi perhatian serius para pelaku bisnis e-commerce. Mengingat platform digital merupakan tempat yang rawan terhadap kebocoran dan penyalahgunaan data pribadi. Hal ini terjadi karena dalam setiap transaksi di e-commerce, baik penjual maupun pembeli sama – sama memberikan data mereka ke platform tersebut.

Biaya Promosi yang Tinggi

Memang benar kalau biaya operasional yang dikeluarkan pada bisnis online lebih hemat dibandingkan bisnis tradisional. Tetapi perlu diingat, untuk menjadikan toko daring kalian berkembang dan laris, kalian tetap butuh engagement yang baik dari para calon konsumen.

Hal itu bisa dicapai dengan kalian beriklan pada platform e-commerce yang kalian ikuti agar ada banyak orang yang melihat produk yang kalian tawarkan. Biaya iklan itu pun sebenarnya relatif, namun untuk mendapat engagement  yang maksimal kalian musti merogoh kocek yang cukup dalam. 

Platform E-Commerce yang Pasang – Surut

Tantangan atau kelemahan selanjutnya adalah timbul dan tenggelamnya suatu platform e-commerce. Ada banyak platform e-commerce di Indonesia dan mereka cenderung untuk melakukan promosi gila – gilaan demi memikat pelanggan.

Masalahnya banyak platform e-commerce yang gulung tikar karena tidak dapat mencapai target. Repotnya adalah, kalian harus memilah – milah platform e-commerce mana yang akan kalian jadikan tempat berjualan agar tak repot bila platform e-commerce yang saat ini kalian gunakan tiba – tiba harus mengalami kebangkrutan.

Setelah berabad-abad kita terbiasa dengan proses jual beli secara tradisional, akhirnya kita masuk ke era baru di mana transaksi bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja.Meski begitu perlu dicatat bahwa ada kelebihan dan kekurangan e-commerce yang harus kalian tahu supaya kalian bisa semakin memaksimalkan potensi dari e-commerce itu sendiri untuk berbisnis.