Menjalankan suatu usaha atau bisnis tak selamanya membutuhkan modal yang besar. Beberapa bisnis bisa dijalankan hanya dengan modal kurang dari Rp5 juta. Usaha dengan modal kecil ini diharapkan dapat membantu masyarakat menambah pundi-pundi pemasukan, khususnya di tengah perekonomian yang melemah akibat pandemi ini.

Apa saja jenis-jenis bisnis yang bisa dimulai dengan modal kurang dari Rp5 juta? Berikut pembahasannya.

1. Counter Pulsa

Walau sekarang marak pembelian pulsa lewat internet maupun aplikasi, beberapa orang masih belum akrab dengan metode tersebut. Hal ini menyajikan peluang tersendiri untuk Anda yang ingin memulai bisnis membuka counter pulsa. Apalagi jika Anda tinggal di wilayah yang cukup padat penduduknya, bisnis ini sangat tepat untuk di jalankan dari rumah.

Selain menawarkan pulsa untuk beragam operator, Anda juga bisa menawarkan kartu perdana. Biasanya masyarakat malas untuk merepotkan diri membeli perdana di gerai resmi operator, lantaran antrian yang panjang dan mekanisme yang lebih ribet. Hal inilah yang bisa Anda manfaatkan sebagai peluang bisnis.

Jika dihitung-hitung, yang Anda butuhkan untuk memulai bisnis ini hanyalah handphone, server pulsa, etalase kaca, stok kartu, dan banner promosi yang semuanya kurang dari Rp3,2 juta. Anda bisa membuka bisnis ini di rumah Anda guna menghemat biaya sewa.

2. Membuka Usaha Makanan Ringan

Usaha makanan ringan bisa menjadi pilihan bisnis dengan modal kecil berikutnya yang menjanjikan keuntungan menggiurkan. Makanan ringan yang biasa dijual seperti keripik singkong, keripik pisang, keripik kentang, dan sebagainya.

Pertama-tama, tentukan jenis makanan ringan apa yang ingin dijual. Supaya terkesan lebih profesional, gunakan merk sendiri pada bungkusan makanan yang akan dijual. Untuk ukuran kemasan, siapkan kemasan kecil, sedang maupun besar.

Pasarkan produk Anda dengan cara yang mudah dan hemat. Misalnya dengan menitipkan dagangan ke warung-warung kelontong, menitipkan ke pedagang di pasar tradisional bahkan, atau ke rumah makan disekitar tempat kamu. Total, modal yang dibutuhkan hanya sekitar Rp2-3 jutaan.

3. Bisnis Laundry

Bisnis ini menjadi pilihan ideal bagi mereka yang tinggal di kawasan perumahan, khususnya di sekitar kost mahasiswa/i atau karyawan/ti. Walau hanya memiliki modal minim, Anda masih bisa menjalankan bisnis ini. Dengan mesin cuci, Anda hanya perlu membeli pewangi, setrikaan hingga pengering baju otomatis (Air O Dry).

Jika ditotal, maka modal awal yang perlu perlu disiapkan sekitar Rp 4,2 juta untuk membeli semua peralatan dan perlengkapan dasar. Promosikan bisnis Anda ke tetangga dan wilayah pemukiman sekitar. Pastikan pula Anda menjalankan bisnis ini dengan benar, supaya konsumen Anda tidak kapok dan bersedia kembali mencuci pakaiannya di tempat Anda.

4. Jasa Menjahit

Jika Anda memiliki kemampuan menjahit, maka Anda bisa memanfaatkan keahlian untuk menjalani usaha jasa menjahit rumahan. Yang Anda perlukan hanyalah mesin jahit, obras, perlengkapan jahit dan materi promosi untuk memperkenalkan usaha Anda.

Modal yang dibutuhkan hanya sekitar Rp3 jutaan untuk membeli peralatan dan perlengkapan tersebut. Anda juga bisa menjalani bisnis ini di garasi rumah Anda, dengan tentunya tetap menjamin pelayanan yang maksimal. Bisnis ini juga cocok untuk Anda yang tinggal di sekitar sekolah dan perumahan.

5. Jual Beli Barang Bekas

Alternatif bisnis berikutnya ialah jual beli barang bekas. Dengan banyaknya marketplace yang disediakan di berbagai situs layanan, kini untuk menjalankan bisnis ini sangat mudah dan cepat. Anda juga tidak perlu menyewa tempat atau toko, karena bisa memulai bisnis ini dari rumah.

Lakukan pemasaran melalui internet, supaya orang dengan mudah mengetahui dan membeli berbagai barang yang Anda jual. Barang bekas bisa berupa pakaian, tas, atau barang elektronik.