Microsoft melaporkan peningkatan pengguna aktif yang terus meningkat selama masa pandemi COVID-19 enam bulan terakhir. CEO Microsoft, Satya Nadella menyebut jumlah pengguna tersebut mengalami lonjakan sebesar 50 persen, dimana saat ini Microsoft Teams memiliki 115 juta pengguna aktif harian.

Seperti dikutip dari The Verge, Nadella mengklaim angka ini meningkat lebih dari 50 persen dari 75 juta yang dilaporkan Microsoft sekitar enam bulan lalu. Microsoft juga terus meningkatkan fitur Teams selama pandemi. Salah satunya ialah Together Mode, yang dirancang khusus untuk pertemuan era pandemi serta memungkinkan peserta untuk duduk bersebelahan secara virtual.

Sementara itu, Microsoft juga telah membuka pintu Teams untuk aplikasi pihak ketiga, menyediakan layanan bagi konsumen, serta menjanjikan sejumlah fitur baru, termasuk ruang terobosan pada akhir tahun. Walau begitu, Microsoft mengaku belum bisa menyaingi pesaingnya, Zoom atau Google karena peserta aktif harian Google tercatat memiliki 100 juta peserta aktif harian awal tahun ini. Adapun Zoom mengklaim memiliki 300 juta peserta aktif harian.

Meski masih belum bisa menyaingi kedua pesaingnya, Nadella optimistis pengguna Microsoft akan terus meningkat setelah Microsoft membuka pintu Teams untuk aplikasi pihak ketiga. Nadella juga menyampaikan salah satu anak perusahaan Microsoft, LinkedIn saat ini memiliki 722 juta pengguna. LinkedIn telah berkembang secara bertahap dan menambah pendapatan Microsoft sejak perusahaan mengakuisisi jejaring sosial tersebut senilai USD26 miliar pada 2016 lalu.