Pertumbuhan industri Esports diprediksi terus tumbuh tahun ini. Newzoo, perusahaan riset dan analisa pasar game memperkirakan industri esports memiliki pendapatan lebih dari 1 miliar USD (sekitar Rp14,4 triliun) di tahun 2021. Sebagian besar pendapatan itu diproyeksikan datang dari hak media dan sponsor seiring dengan pertumbuhan penonton live streaming untuk Esports.

“Pendapatan Esports global akan mencapai 1,1 miliar USD pada akhir 2021, pertumbuhan tahun-ke-tahun sebesar 14,5 persen dari tahun 2020 yang sebesar 947,1 juta USD,” kata Newzoo dalam situs resminya, dikutip dari ANTARA, Rabu (10/3/2021).

Lebih dari 75 persen pendapatan atau sekitar 833,6 juta USD (sekitar Rp12 triliun) diproyeksikan berasal dari hak media dan sponsor. Adapun 10 persen pendapatan lainnya diprediksi berasal dari live streaming. Pendapatan streaming ini diprediksi akan melebihi 1,1 miliar USD pada 2024,” ujar Newzoo.

Proyeksi pertumbuhan ini dinilai juga disebabkan pandemi COVID-19, dimana lonjakan pemirsa dialami seluruh platform streaming. Newzoo memperkirakan akan ada pertumbuhan penonton dalam streaming tahun ini. Walau begitu, mereka lebih berharap “stabilisasi setelah pandemi mereda.” Newzoo memiliki ekspektasi sama untuk audiens khusus Esports.

Adapun ketidakstabilan yang disebabkan oleh pandemi telah berdampak negatif pada aliran pendapatan utama Esports. Salah satunya ialah berkurangnya pendapatan tiket lantaran sejumlah pembatalan acara tatap muka. Hal ini disinyalir juga berdampak langsung pada penjualan merchandise.

Walau begitu, Newzoo meyakini pandemi tidak diragukan lagi telah menggarisbawahi ketahanan ekosistem regional untuk pasar esports yang lebih luas. Ini dapat merubah strategi dan memastikan pasar Esports yang lebih aman di masa yang akan datang.

“Terlebih lagi, organisasi tim mulai melakukan diversifikasi lebih banyak, yang juga dapat mendorong pasar yang lebih stabil di tahun-tahun mendatang,” tulis Newzoo.