Pandemi virus corona memang membatasi aktivitas manusia di dunia secara riil, namun tidak di dunia maya. Facebook baru-baru ini merilis survei Laporan Tren Digital terakhir. Hasilnya, terjadi peningkatan penggunaan platform media sosial selama pandemi.

“Komunitas online tumbuh di masa pandemi,” kata pimpinan Facebook Indonesia, Pieter Lydian, saat jumpa pers virtual, Selasa (23/2/2021), dikutip dari ANTARA..

Survei yang dilakukan Facebook bersama YouGov dan dilaporkan dalam Tren Digital mencatat lebih dari 140 juta orang yang tinggal di Indonesia bergabung dengan grup yang aktif selama sebulan terakhir. Grup ini digunakan hampir sebagian besar responden, yakni 95 persen untuk memberikan dukungan kepada anggota komunitasnya, baik dalam bentuk dukungan moral maupun kebutuhan rumah tangga.

Facebook juga mencatat adanya perkembangan lebih dari separuh komunitas melalui platform digital. Diantara mereka yang disurvei, sebanyak 67 persen responden mengaku kehadiran komunitas menjadi lebih penting khususnya di masa pandemi COVID-19, sedangkan 28 persen mengaku menjadi lebih nyaman untuk berbagi pendapat dan perasaan dengan para anggota komunitas lainnya.

Tak hanya komunitas, Facebook juga melihat adanya peningkatan aktivitas usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia selama pandemi. Tercatat sebanyak 90 persen UMKM di Indonesia terlibat dalam aktivitas yang bisa meningkatkan pendapatan mereka. Hal ini ditemukan dalam survei Facebook bersama Bank Dunia dan Organisasi Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (OECD).

Pandemi memang membuat para pelaku UMKM mengalami penurunan pendapatan. Meski demikian, sebanyak 77 persen pelaku bisnis mengaku optimistis terhadap masa depan bisnis mereka. Pandemi juga membuat pelaku UMKM memanfaatkan platform digital, dengan sebanyak 51 persen pelaku UMKM menyebut seperempat penjualan mereka terjadi di platform digital selama beberapa bulan terakhir.

Sekadar informasi, tahun ini Facebook meluncurkan kampanye #INDONESIAKU. Kampanye ini mengajak pengguna membagikan kisah motivasi dari komunitas dan pelaku usaha di Indonesia. Dalam kampanyenya, Facebook juga membagikan video-video seri profil tokoh inspirasitif, komik seri dan live event dengan sejumlah topik pembahasan berbeda setiap bulannya.