pasar digital untuk umkm

Pada masa pandemi seperti ini bisa dibilang menjadi masa yang sulit untuk ekspansi dan juga membesarkan usaha. Daya beli yang menurun dan juga banyaknya orang yang takut untuk keluar rumah adalah salah satu penyebabnya. Tentunya terdapat beberapa solusi yang bisa dibilang cukup bagus untuk mendongkrak daya beli dari UMKM dan juga bisa meningkatkan usaha dari pada pelaku UMKM itu Sendiri.

Pasar Digital merupakan sebuah target pasar yang sistem penjualannya secara online dan bisa meraup banyak pembeli dari seluruh penjuru Indonesia. Tentunya hal ini menjadi sebuah harapan baru untuk para pelaku UMKM mengingat pada masa pandemi seperti ini banyak orang yang memilih untuk membeli barang secara online ketimbang membeli langsung. Tentunya hal ini harus dimanfaatkan dengan baik oleh para pelaku UMKM di Indonesia.

Seperti yang diterangkan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno perihal meningkatnya transaksi yang terjadi dengan sistem online yang meningkat sangat signifikasi pada tahun 2020 pada masa awal pandemi terjadi. Terdapat dan tercatat transaksi jual beli yang mencapai pada angka 254 triliun Rupiah oleh Bank Indonesia. Tentunya hal ini menjadi peluang yang sangat bagus untuk para pelaku UMKM meningkatkan usahanya lewat pasar digital.

Salah satu cara yang bisa digunakan para wirausahawan ataupun pelaku umkm untuk memasuki pasar digital adalah lewat e-commerce. Tentunya mendaftarkan produk lewat e-commerce bisa dibilang menjadi salah satu gerbang untuk para wirausahawan ataupun pelaku umkm agar produk-produknya dapat dilihat oleh para pembeli di seluruh Indonesia. Hal ini menjadi sebuah langkah awal untuk ekspansi pasar digital di Indonesia.

Selain itu pemerintah juga sedang melakukan transformasi pasar digital untuk para para wirausahawan ataupun pelaku umkm yang nantinya akan ada wadah khusus selain e-commerce agar para wirausahawan ataupun pelaku umkm dapat memasuki pasar digital dengan mudah dan sederhana. Selain itu pemerintah juga berharap agar para wirausahawan ataupun pelaku umkm dapat memasarkan produknya tidak hanya di Indonesia namun ke luar Indonesia juga.

Nah, itulah artikel yang menarik dan informatif seputar ekspansi pasar digital yang ditujukan untuk para wirausahawan ataupun pelaku umkm yang telah dirangkum oleh tim Pejuang App. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian dan bisa memberikan inspirasi untuk ekspansi ke pasar digital. Jangan sungkan untuk membagikan artikel ini agar dapat lebih bermanfaat lagi untuk orang banyak. Salam sukses selalu!