Pelaku UMKM Perempuan

Siapa yang tidak kenal e-commerce raksasa Bukalapak yang terbilang mendapatkan banyak suntikan dana dari berbagai perusahaan luar negeri. Di tengah pandemi seperti ini Bukalapak memiliki sebuah niatan baik untuk membantu para pelaku UMKM wanita di Indonesia yang tujuannya untuk meningkatkan kemampuan berwirausaha dan juga meningkatkan daya jual dari produk para UMKM di Indonesia pada masa pandemi seperti ini.

Dalam rangka pelatihan wirausaha ini Bukalapak sendiri tengah bekerja sama dengan UN Women Indonesia menggelar sebuah acara online dengan judul ‘Strategi Bukalapak Dukung Kartini-nya Produk Lokal’. Selain itu Bukalapak sendiri mengundang beberapa pelaku UMKM perempuan serta perwakilan dari UN Women Indonesia yang turut memeriahkan acara tersebut. Bukalapak sendiri berharap dapat mengimplementasikan WEP (Women’s Empowerment Principles) pada acara tersebut.

WEP (Women’s Empowerment Principles) sendiri merupakan sebuah prinsip dari perusahaan yang mengusung tinggi kesetaraan gender dan juga emansipasi wanita yang mendukung persamaan pada tempat kerja maupun di marketplace. Sehingga perempuan dapat bersaing dengan berbagai pelaku usaha pria yang ada di Indonesia dan menelurkan banyak produk-produk yang inovatif lewat usahanya.

“Sebagai e-commerce yang tumbuh di dalam negeri, Bukalapak akan senantiasa menghadirkan dan mengembangkan platform teknologi yang aman dan nyaman demi mendorong potensi yang dimiliki oleh para pelaku usaha kecil dan menengah, termasuk tentunya para UMKM perempuan,” tutur VP of Coporate Affairs Bukalapak Siti Sufintri Rahayu dalam keterangan resmi yang diterima, Kamis (22/4/2021) yang dilansir dari Liputan6.com.

Program pelatihan dari Bukalapak ini memiliki harapan agar dapat memberdayakan para pelaku UMKM wanita di Indonesia yang nantinya bisa meningkatkan perekonomian nasional dan mendongkrak para warga Indonesia agar dapat membeli produk-produk lokal yang tidak kalah bagus kualitasnya dengan produk-produk luar negeri. Selain itu para pelaku usaha tersebut dapat memajukan dan memberdayakan daerahnya sendiri menjadi lebih maju.

Selain itu pelatihan serta edukasi juga rutin dihadirkan oleh Bukalapak untuk para pelaku UMKM wanita melalui acara Webinar Srikandi Komunitas Bukapalak yang juga berkerjasama dengan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil & Menengah untuk memberikan edukasi lebih untuk para pelaku UMKM di Indonesia agar dapat sukses secara nasional maupun secara internasional dan membawa produk Indonesia ke kancah mancanegara.

Nah, itulah artikel tentang Yuk Para Pelaku UMKM Perempuan Ikut Pelatihan Wirausaha dari BukaLapak yang sudah dirangkum oleh tim Pejuang App. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk para pelaku UMKM wanita yang sedang mencari-cari pelatihan. Jika artikel ini bermanfaat jangan sungkan untuk membagikannya kepada teman yang sedang mencari edukasi lebih tentang wirausaha. Salam sukses selalu!