peluang usaha rumahan di desa

Tinggal di desa bukan menjadi alasan untuk tidak membuka usaha dan berhenti berjuang untuk berbisnis. Tentunya masih ada banyak peluang yang terbilang belum terlihat atau belum dijamah untuk para pemuda atau bahkan orang-orang yang ingin membuka usaha atau bisnis. Edukasi atau pengetahuan tentunya sangat dibutuhkan untuk seseorang yang berniatan untuk membuka usaha maupun bisnis apalagi yang bertempat tinggal di desa dan hanya memiliki modal yang kecil. 

Selain edukasi, adanya pengetahuan lebih dalam masalah internet juga menjadi keuntungan tersendiri bagi kalian yang ingin melakukan usaha di desa. Nah, pada kesempatan kali ini tim Pejuang.co.id akan membahas tentang peluang-peluang yang bisa kalian dapatkan di pedesaan dengan modal yang tidak terlalu besar juga. Yuk langsung saja kita simak pada artikel di bawah ini.

Usaha Rumahan di Desa dengan Koperasi Simpan Pinjam

koperasi simpan pinjam

Koperasi memang menjadi hal yang sangat umum di pedesaan, bahkan menjadi badan usaha yang terbilang sangat menjanjikan jika kalian tinggal di daerah pedesaan. Tentunya hal ini menjadi sebuah peluang yang menarik untuk kalian kembangkan dan pastinya sangat membantu orang lain yang juga membutuhkan modal untuk membuka usaha atau hanya sekedar meminjam uang untuk keperluan yang mendadak. Untuk mendirikan koperasi simpan pinjam di pedesaan sendiri memiliki syarat yang terbilang cukup rumit, berikut daftar syarat-syarat membuka koperasi simpan pinjam yang dilansir dari koperasipengayoman.co.id.

  • Fotokopi akta pendirian koperasi dari notaris (rangkap dua)
  • Berita acara rapat pendirian koperasi
  • Daftar hadir rapat pendirian yang telah ditandatangani semua anggota
  • Fotokopi ktp pendiri
  • Kuasa pendiri atau pengurus terpilih yang bertugas untuk mengurus proses pengesahan pembentukan koperasi
  • Surat bukti tersedianya modal
  • Rencana kegiatan usaha koperasi dalam tiga tahun kedepan
  • Rencana anggaran belanja dan pendapatan koperasi
  • Daftar susunan kepengurusan dan pengawas koperasi
  • Daftar sarana kerja koperasi
  • Surat pernyataan yang menyatakan tidak memiliki hubungan keluarga antara pengurus
  • Susunan struktur organisasi koperasi

Tentunya hal ini tidak bisa sembarangan dan harus memiliki izin, karena banyak terjadi penipuan yang dialami peminjam modal maupun yang dipinjamkan modalnya jika tidak memiliki izin usaha yang jelas. Untuk mengurusnya kalian bisa langsung datang ke badan perizinan yang terkait, jika ditolak pengajuannya maka nanti akan ada peninjauan ulang agar mengkaji apa saja yang salah dalam pengajuan perizinan tersebut.

Peluang Usaha Rumahan di Desa Menjadi Distributor Hasil Pertanian 

hasil tani

Memiliki koneksi dengan para petani sayur ataupun buah? Bahkan petani beras? Walau modal yang dibutuhkan tidak sedikit, paling tidak ini adalah peluang yang sangat bagus untuk kalian yang tinggal di pedesaan atau perkampungan. Menjadi distributor hasil pertanian merupakan sebuah langkah awal untuk mendirikan sebuah kerajaan bisnis yang tentunya harus memiliki semangat juang dan konsistensi yang tinggi. Dapat dimulai dengan menggunakan rumah sebagai tempat awalnya, mencari para konsumen dengan bermain partai yang besar seperti restoran maupun tempat-tempat usaha yang membutuhkan hasil tani yang segar bisa jadi langkah awal kesuksesan kalian.

Beberapa orang memulai Distributor Hasil Pertanian ini hanya dengan motor seadanya dan juga kantung kanan kiri yang digantung di motor, bukan dengan truk besar maupun langsung mobil bak. Tentunya usaha yang dirintis dari nol hingga mengerti celahnya serta mendapatkan keuntungan lalu mulai tingkatkan apa yang perlu ditingkatkan, seperti membeli mobil bak atau truk kecil untuk membawa barang yang lebih banyak lagi. Bisnis ini memiliki kepercayaan yang sangat tinggi, satu kesalahan kecil saja bisa meruntuhkan usaha ini, namun keuntungan yang didapatkan nantinya juga tidak main-main dan bisa membantu mensejahterakan para petani lokal.

Peluang Usaha Transfer Uang Antar Bank dan Pembayaran BPJS di Pedesaan

jasa transfer antar bank di desa

Salah satu kelemahan dengan tinggal di desa atau perkampungan adalah tidak adanya layanan ATM yang saling berdekatan dengan pemukiman warga, bahkan terdapat beberapa desa yang harus menempuh 1 jam perjalanan dengan sepeda motor untuk mendapatkan akses ke bank terdekat atau minimarket terdekat. Hal ini tentunya menjadi masalah untuk banyak orang yang tinggal di desa maupun perkampungan. Pastinya jika ada masalah mestinya harus ada solusi dan itu menjadi peluang bagus untuk kalian.

Usaha transfer uang antar bank atau pencairan uang tentunya dapat menjadi sebuah peluang yang baik mengingat kita memposisikan diri kita sendiri sebagai ATM untuk memenuhi kebutuhan para penduduk desa. Jika ada yang membutuhkan dana dalam tahap urgensi kalian juga bisa dijadikan sebagai perantara untuk mengirimkan uang dari kota ke desa dengan sistem transfer dan cash. Tentunya kalian harus menyediakan cash yang cukup banyak sebagai modal jika ada yang membutuhkan uang cash dari kalian. Selain itu kalian juga bisa mentransfer uang dari desa dalam bentuk cash ke kota jika ada keperluan seperti anaknya yang sekolah di kota dan orang tuanya yang berada di pedesaan.

Selain usaha transfer uang, ada juga peluang pembayaran tagihan seperti Listrik dan BPJS yang bisa kalian manfaatkan sebagai peluang di desa. Jika di perkotaan sudah banyak tempat seperti minimarket yang bisa kalian jadi sebagai perantara dalam membayar tagihan, namun di pedesaan masih sangat jarang dan kalian bisa menjadi agen untuk membayar tagihan dan mendapatkan keuntungan dari setiap transaksi yang kalian ciptakan tentunya.

Nah, itulah beberapa peluang dari yang agak rumit, hingga rumit, sampai ke yang paling mudah dan bisa kalian pelajari tanpa harus berpusing-pusing. Hal ini dapat menjadi inspirasi bagi kalian yang masih bingung ingin menciptakan peluang seperti apa dan juga ingin memulai darimana. Tentunya jika artikel ini bermanfaat dapat kalian bagikan lewat sosial media kalian atau bisa kalian bagikan ke sanak saudara yang membutuhkan inspirasi tentang peluang usaha apa yang cocok di desa dan hanya di rumah. Salam sukses selalu!