Digital Marketing adalah

Melakukan promosi pada sebuah brand produk atau barang suatu perusahaan adalah salah satu hal penting yang harus dilakukan untuk lebih memperkenalkan brand atau barang tersebut kepada masyarakat luas. Biasanya, tugas promosi ini dilakukan oleh tim marketing dari perusahaan yang bersangkutan. Berkat perkembangan teknologi yang semakin canggih, sekarang kegiatan promosi bisa dilakukan dengan lebih mudah melalui digital marketing.

Nah, pada kesempatan ini kami bermaksud untuk memberikan kalian sedikit penjelasan tentang Simak Pengertian Dari Digital Marketing dan Fungsinya yang Wajib Kalian Ketahui Lebih Lanjut yang didalamnya terdapat beberapa informasi terkait tentang pengertian lengkap digital marketing beserta dengan fungsinya dalam dunia UMKM. Tanpa berpanjang lebar, mari silahkan simak informasi lebih lengkapnya di bawah ini.

Pengertian Lengkap dari Digital Marketing

Sebagaimana yang sudah dikatakan sebelumnya, bahwa kegiatan promosi yang dilakukan oleh sebuah perusahaan terhadap produk atau barang yang mereka milik dilakukan guna memperkenalkan dan menyebarluaskan produk atau barang tersebut kepada masyarakat luas. Dan tugas promosi tersebut biasanya merupakan tugas dari tim marketing yang bertanggung jawab atas perusahaan tersebut.

Namun, seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, tugas tim marketing dalam melakukan promosi pun berubah dan menjadi lebih mudah dengan munculnya digital marketing. Digital marketing sendiri memiliki pengertian yang merupakan sebuah kegiatan promosi terhadap suatu brand produk atau barang sebuah perusahaan yang dilakukan secara online melalui media digital dengan menggunakan jaringan internet.

Dengan kehadiran digital marketing ini, diharapkan kegiatan promosi yang dilakukan bisa menjangkau dan menarik perhatian serta minat para konsumen menjadi lebih jauh, luas serta banyak lagi. Mengingat diera yang sudah modern dan maraknya penggunaan internet di masyarakat saat ini, tentu akan memudahkan proses promosi tersebut tanpa terbatas ruang dan waktu.

Bentuk promosi yang bisa dilakukan dengan digital marketing ini pun bisa dilakukan melalui berbagai macam cara dan media, seperti melalui blog, website, e-mail, adword maupun melalui sosial media dari berbagai platform (misalnya Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, Tiktok dan lain sebagainya). Juga, digital marketing ini bisa lakukan menggunakan komputer PC (Personal Computer) ataupun smartphone yang mudah penggunaannya.

Fungsi dari Digital Marketing dalam Dunia UMKM

Sesuai dengan pengertiannya sebagai salah satu cara untuk melakukan kegiatan promosi guna memperkenalkan dan menyebarluaskan informasi terhadap suatu brand produk atau barang yang diinginkan, digital marketing juga memiliki fungsi yang akan berguna dan bisa digunakan dalam dunia UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah). Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Dengan digital marketing akan mempercepat proses kegiatan promosi yang harus dilakukan. Proses penyebaran promosinya bahkan bisa dihitung hanya dalam hitungan detik, sehingga bisa mempersingkat dan menghemat waktu yang diperlukan bila dibandingkan dengan melakukan kegiatan promosi secara manual bukan melalui digital marketing.
  2. Digital marketing akan mempermudah kalian dalam melakukan proses evaluasi atas kegiatan promosi yang telah dilakukan. kalian bisa melakukan proses evaluasi lebih cepat, tepat dan efisien, sehingga bila terdapat hal yang dirasa kurang dan perlu diperbaiki serta ditambahkan bisa segera kalian ketahui dan lakukan sesegera mungkin.
  3. Jangkauan geografis yang bisa didapatkan melalui digital marketing akan jauh lebih luas dan jauh karena penyebaran kegiatan promosi yang dilakukan menggunakan bantuan jaringan internet yang tidak hanya mencakup beberapa tempat atau lokasi tertentu saja, tetapi juga akan bisa mencakup tempat atau lokasi yang lebih jauh bahkan hingga keluar negeri dan pelosok negeri.
  4. Murahnya biaya yang diperlukan dalam melakukan kegiatan promosi melalui digital marketing juga menjadi salah satu fungsi yang sangat menguntungkan bagi kalian. Jika dibandingkan dengan marketing biasa, maka biaya yang harus kalian keluarkan untuk digital marketing bisa jauh lebih murah dan efektif, sehingga kalian bisa menghemat lebih banyak uang dan anggaran dalam prosesnya.
  5. Selain itu, melalui digital marketing kalian bisa dengan mudah berinteraksi dengan para pelanggan secara real time. Hal ini tentu akan memberikan kemudahan kalian dan pelanggan kalian dalam bertukar informasi terkait produk atau barang yang kalian promosikan.

Dengan banyaknya fungsi dari digital marketing dalam dunia UMKM yang bisa kalian dapatkan ini, semoga bisa membuat usaha kalian berjalan dengan baik dan lancar serta mendatangkan keuntungan yang besar pula bagi kalian.

Itulah artikel Simak Pengertian Dari Digital Marketing dan Fungsinya yang Wajib Kalian Ketahui Lebih Lanjut yang sudah dirangkum oleh tim Pejuang App. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan mengedukasi kalian tentang pengertian lengkap digital marketing beserta dengan fungsinya dalam dunia UMKM. Jangan sungkan untuk membagikan artikel ini lewat sosial media atau manapun agar dapat lebih bermanfaat lagi tentunya.