Pandemi COVID-19 meluluh lantak perekonomian dunia dan membuat jutaan orang kehilangan pekerjaan. Dibalik berita negatif itu, pandemi COVID-19 sukses meningkatkan penjualan komputer tablet, menyusul banyak orang yang bekerja dari rumah dan kebijakan pembelajaran jarak jauh anak-anak usia sekolah, yang membuat keluarga menambah perangkat.

Perusahaan riset pasar Canalys mengatakan pembelian PC dan tablet melonjak dari 1,64 miliar pada akhir 2019 menjadi 1,77 miliar pada akhir tahun depan seperti dikutip Info Komputer dari Phone Arena. Komponen yang digunakan untuk memproduksi tablet, seperti layar dan prosesor sulit diselesaikan karena permintaan yang tinggi. Akibatnya, permintaan komputer tablet bakal makin meningkat tahun depan karena kekurangan pasokan tersebut.

Analis Canalys, Ishan Dutt, bercerita tentang kebutuhan perangkat pada awal pandemi tahun ini, seorang pelanggan mengatakan bahwa perangkat apa pun dengan keyboard sangat dibutuhkan selama pengiriman barang tidak lebih dari satu pekan. Hal senada disampaikan analis dari perusahaan riset pasar IDC, Ryan Reith. Ia mengatakan permintaan tablet, PC dan laptop bakal terus meningkat hingga 2022 karena pemerintah di berbagai negara memberikan uang stimulus untuk sekolah dan bisnis.

Permintaan untuk tablet, PC dan laptop telah merosot sejak iPhone diluncurkan pada 2007. Pengiriman PC mencapai puncaknya sekitar 300 juta unit pada 2008, kemudian turun menjadi 250 juta unit. Namun, kini secara tidak terduga, level 300 juta kembali karena para analis melihat bahwa banyak PC yang dikapalkan akhir tahun ini.

Analis juga memperkirakan pengiriman tablet tumbuh lebih cepat dari perkiraan pertumbuhan 15 persen untuk PC pada 2020. Pada musim semi tahun depan, Apple dikabarkan akan menawarkan iPad entry level dengan Touch ID, chipset A13 Bionic yang digunakan pada seri iPhone 11, dengan harga 299 dolar AS atau sekitar Rp4,2 juta.

Model iPad Pro baru juga akan segera hadir dan dapat mendukung 5G, dengan tampilan layar OLED dan ditenagai chipset Bionic A14X. Dua perangkat tersebut diperkirakan akan masuk ke pasar pada paruh kedua tahun depan. Apple mengalami pertumbuhan penjualan iPad, naik 11,5 persen selama tahun fiskal terakhir. Untuk kuartal keempat, kenaikan tahun ke tahun dalam penjualan iPad naik 46 persen.

iPad tetap menjadi tablet paling populer yang tersedia dan dengan pandemi yang terus meningkatkan permintaan untuk perangkat ini, Apple mengembangkan lini yang lebih luas dengan fitur-fitur yang lebih baru yang akan menjaga permintaan tetap tinggi dan membuat Apple tetap di puncak pasar tablet.