Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi salah satu penopang ekonomi Indonesia. Apalagi, jumlah pelaku UMKM di Indonesia sangat besar sekali. Asisten Deputi Pemasaran, Deputi Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UMKM) Destry Anna Sari mengatakan, dari seluruh pelaku usaha yang ada di Indonesia, 99 persen di antaranya merupakan pelaku UMKM. Oleh karena itu, sangat wajar jika pelaku UMKM menyumbang 60 persen dari pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Dikutip dari Okezone, Kemenkop UKM menyebut para lelaku UMKM ini berkontribusi pada penyerapan tenaga kerja. Diperkirakan pelaku UMKM ini menyerap 97 persen tenaga kerja. Selain itu, ekspor dari para pelaku UMKM juga termasuk salah satu yang tertinggi. Mengingat 14,17 persen ekspor nasional dikontribusikan dari para pelaku UMKM di dalam negeri.

Di tengah terpukulnya perekonomian akibat pandemi COVID-19, Kementerian Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) memberikan beberapa tips untuk pelaku UMKM bisa bertahan di tengah pandemi. Salah satunya adalah dengan terjun untuk jualan lewat digital. Para pelaku UMKM harus melakukan transformasi atau berpindah ke platform digital untuk berjualan. Karena bagi pengusaha yang tidak mau ikut atau pindah ke platform digital akan tertinggal dari yang lainnya.

“Teknologi digital merupakan keharusan bagi pelaku UMKM dalam menjalankan aktivitas ekonomi mereka kalau tidak menggunakan teknologi digital akan bisa tertinggal untuk mendapatkan keuntungan usaha.”

Apalagi pada masa pandemi covid-19 seperti sekarang ini. Di mana aktivitas masyarakat di luar rumah dibatasi untuk menghindari dan mencegah penularan virus covid-19. Beberapa mereka yang masih bisa bertahan di tengah pandemi ini karena sudah beralih ke digital. Sehingga target pasarnya bisa lebih luas dan juga barang dagangannya bisa tetap laku meskipun ada berbagai macam pembatasan yang dilakukan.

Hal ini, menjadi sebuah langkah yang positif bagi perekonomian negara. Karena pelaku UMKM yang go digital ini lah bisa memperlambat jatuhnya ekonomi lebih dalam lagi dan bisa mempercepat program pemulihan ekonomi nasional pascacovid.