Masuk ke pasar global adalah cita-cita semua pengusaha, tak terkecuali pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Walau begitu, tak jarang banyak dari pengusaha UMKM yang tidak mengetahui cara supaya bisa go global alias menembus pasar dunia.

Country Head for Public Policy Lazada Indonesia (Alibaba Group) Waizly Darwin membeberkan setidaknya ada 5 hal yang harus diperhatikan ketika UMKM ingin terjun ke pasar global. Kelima hal itu ialah 5M: Mindset, Market Knowledge, Marketing, Management, dan Money.

Menurut Darwin saat jumpa pers virtual BRIlianpreneur 2020, Rabu (9/12/2020), 5M ini harus dipersiapkan betul-betul oleh pelaku UMKM. Pasalnya, memiliki uang yang banyak tidak akan cukup untuk terjun ke pasar global. Namun lebih dari itu, dia mengatakan, memiliki mindset yang mendukung dan mau untuk terus belajar juga salah satu kuncinya.

Darwin mengakui, banyak sekali pengusaha yang terjun ke market online, namun sayangnya banyak juga yang tidak bisa bertahan lama. Banyak yang pindah dari offline ke online itu gagal. Hal ini disebabkan karena mindsetnya yang keliru.

Untuk itu, ketika pengusaha sudah terjun ke pasar global, manajemen yang dimiliki ketika mengurus usahanya, tidak boleh berantakan. Cara mengeksekusi dan mempertahankan bisnisnya pun harus tetap dijaga dengan optimal. Dengan demikian, kalau memang mau terjun ke pasar global tidak cukup hanya bermodalkan uang saja.