Pengiriman PC gaming dan monitor diprediksi akan terus meningkat hingga tiga tahun mendatang. Menurut laporan firma riset IDC, PC gaming dan monitor yang dikirimkan akan menembus angka 61,9 juta unit pada 2024. IDC juga memprediksi, dalam kurun waktu lima tahun, terhitung sejak tahun 2020, tingkat pertumbuhan tahunan rata-rata akan mencapai 5,7 persen.

Masih dari laporan yang sama, pada tahun 2020, pengiriman PC gaming dan monitor diprediksi naik 16,2 persen dari tahun ke tahun (year over year/YoY) menjadi 49,6 juta unit. Kenaikan ini tak lain didorong oleh permintaan konsumen di seluruh dunia yang lebih banyak beraktivitas di rumah karena pandemi Covid-19, demi meminimalisir tertular virus corona.

“Meski paruh pertama 2020 harus menghadapi masalah pasokan hardware, konsumsi software, dan layanan gaming terus meningkat seiring dengan durasi bermain,” kata Jitesh Ubrani, manajer riset IDC untuk perangkat mobile global dikutip dari Kompas Tekno.

Ubrani mengatakan dalam enam hingga 12 bulan mendatang, pengiriman PC gaming dan monitor akan terus naik karena akan ada banyak GPU baru dari Nvidia, AMD, dan Intel. Para produsen itu diharapkan bisa menggerakkan harga pasar yang lebih rendah dan kinerja lebih tinggi.

Selain itu kemunculan game baru dan dukungan teknologi ray tracing juga diharapkan akan mendorong permintaan pasar. Di samping hardware, peluncuran konsol baru dan streaming game dari layanan cloud, seperti Luna, Stadia, dan Xbox Game Pass juga amat dinantikan dan diharapkan bisa menyuntikkan dampak positif bagi industri PC gaming dan monitor.

“GPU baru, peningkatan durasi yang dihabiskan untuk game, dan pengembangan game baru telah memperbarui kebutuhan monitor gaming yang mumpuni,” kata Jay Chou, Manajer Riset untuk PC monitor global IDC.

Chou menambahkan, pasar telah merespons dengan menyediakan beragam pilihan PC gaming yang menarik. Pengembangan lain seperti cloud gaming akan membantu pemilik PC model entry-level untuk terjun ke dunia gaming. Dalam beberapa waktu ke depan, pengembangan ini akan menguntungkan bagi pasar karena pengguna akan membeli monitor gaming demi mendapatkan pengalaman yang lebih kompetitif.