BLT UMKM

UMKM di Indonesia bisa dibilang sedang berkembang namun jika dibandingkan dengan negara tetangga masih cukup jauh sehingga harus terus dibantu untuk berkembang oleh pemerintah. Pemerintah akan terus mengusahakan dengan berbagai cara dan juga membantu UMKM di Indonesia. Salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan UMKM di Indonesia adalah dengan menghadirkan BLT khusus untuk UMKM di tahun 2021 ini.

Kementerian Koperasi atau Kemenkop dan UKM teleh menyiapkan anggaran untuk Bantuan Langsung Tunai untuk BLT sebesar 15,36 Triliun dengan target penerima sebanyak 12,8 Juta penerima bantuan dengan tujuan agar UMKM dapat lebih bertahan dalam badai pandemi dan bisa berinovasi dengan adanya BLT UMKM ini. Sayangnya tidak semua pelaku UMKM atau Wirausaha dapat menerima BLT ini pada tahun 2021.

Siapakah yang Pantas Untuk Merima BLT UMKM di Tahun 2021? 

Pelaku usaha mikro ternyata masuk kedalam salah satu daftar dari penerima BLT UMKM yang akan disebarkan pada tahun 2021. Penerima BLT UMKM pada tahun 2020 tentunya bisa juga menerima BLT UMKM pada tahun 2021 ini. Hal ini diterangkan oleh Eddy yang dilansir dari Kompas.com, “Diberikan kepada seluruh pelaku usaha mikro terdampak. Baik kepada yang sudah menerima tahun lalu, maupun belum menerima yang sudah diusulkan ataupun yang lagi diproses,”

Selain itu juga ada syarat penting yang wajib kalian ketahui untuk penerima BTL UMKM. Berikut persyaratannya.

  • Warga Negara Indonesia (WNI) 
  • Memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) 
  • Memiliki usaha mikro dan dibuktikan dengan surat usulan calon penerima BPUM dari pengusul BPUM beserta lampirannya yang merupakan satu kesatuan 
  • Bukan Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI/Polri, pegawai BUMN dan BUMD 
  • Tidak sedang menerima Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Pastinya jika kalian termasuk dan juga bisa mendaftarkan usaha kalian untuk mendapatkan BLT UMKM jangan sungkan dan juga jangan ragu. Karena terdapat manfaat yang baik karena lesunya daya beli dan juga kurangnya daya jual pada era pandemi seperti ini. Dengan hadirnya bantuan ini semoga dapat membantu para UMKM untuk menghadirkan inovasi terbaru dan dapat bertahan hingga pandemi ini berakhir.

Selain persyaratan terdapat juga dua tahapan penyaluran BLT UMKM oleh pemerintah yang dijadwalkan akan disebar pada tahun 2021 ini. Tahap I sebesar Rp 11,76 triliun dengan jumlah 9,8 juta pelaku usaha mikro Tahap II sebesar Rp 3,6 triliun bagi 3 juta pelaku usaha mikro seperti yang dilansir dari Kompas.com. Sampai tanggal 1 April ini pemerintah sudah memvalidasi 6,6 juta pelaku usaha mikro yang akan menerima BLM UMKM pada tahun 2021 ini.

Nah, itulah beberapa informasi tentang Persyaratan Untuk Menerima BLT UMKM di 2021 yang bisa kalian lihat dan juga semoga dapat mengedukasi untuk mengetahui detail tentang BLM UMKM 2021. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan juga jika kalian rasa artikel ini berguna untuk orang lain mohon untuk disebarkan lewat sosial media kalian. Tentunya masih ada banyak artikel menarik tentang UMKM dan juga peluang bisnis yang bisa kalian temukan di Pejuang.co.id. Salam sukses selalu!