umkm pangan halal

Dalam setiap usaha dan bisnis yang mau dipercaya orang maka diperlukan beberapa syarat dan ketentuan dimana salah satunya adalah sebuah sertifikasi halal dari MUI. Memiliki sertifikasi halal dari MUI berarti produk sudah melewati proses penelitian ataupun proses lainnya yang bersifat benar dan tepat dan bisa dinilai bahwa produk sudah layak dijual atau diproduksi karena telah dinyatakan halal dari MUI melalui sertifikat yang diberikan MUI. LPPOM MUI didirikan atas keputusan yang mendukung Majelis Ulama Indonesia (MUI) berdasarkan surat keputusan perizinan nomor 018/MUI/1989, pada tanggal 26 Jumadil Awal 1409 Hijriah (6/01/1989).

Bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dihimbau untuk segera melakukan sertifikasi halal MUI, dimana saat ini pemerintah sudah membebaskan biaya sertifikasi halal bagi para UMKM lewat peraturan Menteri Keuangan nomor 57 tahun 2021, hal tersebut juga sudah disampaikan pada tanggal 22/06/2021 oleh Wapres Ma’ruf Amin di acara festival syawal LPPOM MUI 1442 H, yang menyatakan agar para pelaku UMKM di kawasan industri halal (KIH) mengurus sertifikasi halal segera mungkin. Sertifikasi halal secara gratis juga merupakan upaya yang diberikan oleh Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian, dimana Menko Airlangga Hartarto sudah berkomitmen untuk memberikan kemudahan bagi para UMKM dalam mendapatkan sertifikasi halal secara gratis.

Salah satu cara untuk memperoleh sertifikasi halal secara gratis yaitu dibutuhkan pernyataan halal dimana produk tersebut didapat secara halal, pada tahap proses pembuatan sertifikasi halal diharapkan mampu selesai dalam waktu 21 hari, dimana hal tersebut dipastikan akan dilakukan Airlangga yang pernah menyatakan akan mendorong prosesnya agar tidak lebih dari 21 hari. Hal tersebut dikatakan Airlangga sebagai langkah untuk mendapatkan biaya yang lebih rendah saat ia sedang rapat tentang Kawasan Industri Halal (KIH) dan Sertifikasi Halal di kota Jakarta bersama Wakil Presiden Ma’ruf Amin pada hari Rabu (12/05/2021), Wapres berpendapat dengan adanya sertifikasi halal maka diharapkan mampu menambah nilai suatu produk dan bisa berpotensi meningkatkan daya saing, yang suatu produk UMKM bisa memperkuat ekonomi Indonesia.

Meskipun negara dengan mayoritas Muslim dan sudah menjadi negara konsumen halal nomor satu di dunia, faktanya negara Indonesia berada peringkat ke 5 produsen produk halal dunia kata Menteri BUMN Erick Thohir di dalam sambutannya yang dibacakan Sekjen Masyarakat Ekonomi Syariah, Iggih Achsien di acara Opening Ceremony Road to ISEF 8th 2021: Halal Products, Beyonda Halal Compliance, Jakarta, Senin (21/06/2021). Erick mengatakan “kita harus membangun kekuatan dan kemandirian pelaku usaha kita untuk menjadi produsen” ia mengatakannya agar harapan negara Indonesia terwujud di tahun 2024, dimana saat ini Indonesia sudah memiliki cita-cita untuk menjadi produsen nomor satu di dunia pada tahun 2024 nanti.

Dengan produk yang sudah bersertifikasi halal maka diharapkan kedepannya mampu merajai pasar dalam negeri dan luar negeri, hal tersebut dinilai Erick tidak mudah karena pasti membutuhkan energi yang lebih dari saat ini. Menjadi Eksportir, mengurangi Impor produk adalah salah satu cara agar Ekspor produk buatan Indonesia berpeluang besar di negara lain, dimana hal tersebut salah satu keinginan Erick agar produk lokal menjadi Eksportir. Sertifikasi halal saat ini masih dinilai ada kendala seperti kurangnya pengetahuan tentang syarat sertifikasi halal, keterbatasan untuk mengakses informasi mengenai produk dari sumber yang halal dan juga keterbatasan informasi mengenai pengurusan sertifikasi halal secara gratis, dimana saat ini hampir banyak yang belum tahu tentang info tersebut.

Kami berharap dengan adanya artikel ini mampu menjadi sarana baik bagi pemerintah untuk menyalurkan dan menyajikan informasi mengenai sertifikasi halal yang sudah dibebaskan biaya. Sekian artikel yang berjudul “Kabar Gembira, Sertifikasi Halal untuk Para UMKM Bisa Didapat Secara Gratis” oleh tim penulis Pejuang, semoga dapat bermanfaat terutama para pelaku UMKM, dan semoga kalian bisa bagikan agar bisa bermanfaat juga bagi banyak orang.