Strategi Bisnis atau Usaha yang Cocok Untuk Pemula

Bisnis dapat diartikan sebagai suatu organisasi yang melakukan penjualan berupa barang atau jasa kepada konsumen untuk menghasilkan laba. Biasanya bisnis dijalankan oleh sekumpulan orang-orang yang memiliki tujuan ataupun visi misi yang sama. Bagi sebagian orang berbisnis dikatakan sulit karena tidak memiliki ilmu atau latar belakang sebagai pebisnis, oleh karena itu juga mereka takut untuk memulai berbisnis meskipun ada keinginan.

Pada kesempatan kali ini Pejuang.co.id akan membagikan strategi bisnis yang cocok untuk pemula. Bagi kalian yang ingin memulai bisnis namun belum memiliki pengalaman, artikel ini dapat dijadikan ilmu tambahan agar kalian dapat menemukan ide bisnis dan kiat-kiat untuk memulai bisnis.

Strategi Awal Untuk Memulai Bisnis Serta Usaha Untuk Para Pemula

Strategi Awal Untuk Memulai Bisnis

Sebelum memulai bisnis tentu harus ada beberapa hal yang dipersiapkan, agar bisnis yang akan dijalankan nanti nya dapat berjalan sesuai keinginan atau rencana yang sudah dibuat. Beberapa hal yang perlu disiapkan diantara nya seperti:

  • Niat yang Kuat

Modal utama yang harus dimiliki untuk mengawali bisnis anda sebagai pemula yaitu niat. Anda harus memiliki niat dan tekad yang kuat untuk bisnis yang akan anda jalani nantinya, karena berbisnis tentu bukan suatu hal yang instan bukan juga sesuatu hal yang mudah. Tetapi jika anda sudah memiliki niat yang kuat tentu apapun yang akan anda hadapi akan terasa lebih ringan dibandingkan jika anda hanya memiliki niat yang tidak begitu besar.

  • Modal sesuai rencana

Selanjutnya anda harus mempersiapkan modal. Modal yang anda siapkan tentu harus sesuai dengan bisnis apa yang ingin anda jalankan, besar kecil nya modal itu merupakan hal yang relatif. Karena semua tergantung pada apa yang telah anda rencanakan. Misalkan anda ingin berbisnis untuk membuat restoran tentu modal nya akan jauh lebih besar dibandingkan jika anda membuat bisnis makanan instan yang dapat anda kelola dirumah.

  • Stakeholder

Stakeholder merupakan sekelompok orang yang memiliki kepentingan dalam sebuah bisnis, yang dapat mempengaruhi atau dipengaruhi oleh tindakan dari bisnis secara menyeluruh. Biasanya stakeholder dibagi menjadi 2 bagian yaitu, stakeholder internal dan stakeholder internal. Stakeholder ini tentu memiliki peranan yang sangat penting dalam berbisnis, contohnya seperti investor sebagai pendukung keuangan, pegawai sebagai pekerja atau orang-orang yang membantu secara langsung jalannya bisnis, hingga konsumen pun termasuk ke dalam bagian stakeholder.

  • Rencana

Rencana juga menjadi hal yang sangat penting untuk memulai bisnis. Tentu anda harus memiliki rencana sebelum bisnis dimulai, bagaimana bisa anda menjalankan bisnis tetapi belum ada rencana bagaimana bisnis itu berjalan, dengan siapa bisnis tersebut dijalankan, dimana bisnis itu akan berjalan. Hal itu tentu sangat penting untuk diperhatikan, oleh karena itu buatlah rencana bisnis anda ketika niat anda sudah kuat untuk memulai sebuah bisnis.

Usaha Partai Kecil yang Menjanjikan Untuk Pemula

Usaha Partai Kecil yang Menjanjikan Untuk Pemula

Selanjutnya usaha apa yang sekiranya menjanjikan untuk seorang pemula bisnis. Untuk mengawali bisnis anda, sebaiknya dimulai dari sesuatu yang mudah dipelajari. Usaha kecil saat ini semakin menjamur, banyak pebisnis amatir yang berani memulai bisnis nya dengan modal seadanya, tetapi karena keadaan dan niat yang kuat bisnis yang dijalankan semakin berkembang dan menjanjikan. Kita akan membahas usaha-usaha kecil dan menjanjikan apa saja yang bisa anda mulai untuk mengawali bisnis anda. Yuk simak !

  • Usaha Franchise

Bagi pemula memulai usaha dengan bermitra merupakan hal yang cukup baik. Karena biasanya dari pusat sudah memiliki standar dan SOP nya sendiri terkait usaha dibuatnya, sehingga anda sebagai mitra cukup menjalankan nya dan meraih keuntungan tanpa harus memikirkan banyak hal. Mungkin dengan bermitra selain mengeluarkan modal awal anda tinggal memikirkan strategi marketing yang cocok untuk diri anda dan target pasar disekitar anda. Selebihnya seperti ketersediaan produk, kualitas, kuantitas sudah tersedia dari pusat.

  • Laundry Kiloan

Usaha ini terbilang cukup menjanjikan, apalagi jika kawasan anda dekat dengan apartemen, kampus, kos-kosan, atau bahkan bisnis ini pun sekarang banyak menjamur di dekat perumahan. Karena gaya hidup orang saat ini semakin praktis dan tidak mau ribet, sehingga kebanyakan orang akan memilih mempercayakan pencucian pakaian nya di jasa laundry daripada membayar seorang asisten rumah tangga.

  • Menjual Aksesoris HP

Bisnis berikutnya yaitu menjual aksesoris HP. Biasanya target pasar usaha ini kebanyakan adalah kaum hawa, karena mereka senang dengan berbagai aksesoris yang membuat HP nya terlihat lebih lucu dan menarik sehingga tidak terlihat membosankan. Aksesoris yang banyak laku terjual seperti casing HP, gantungan HP, tempered glass, tongsis, dan lainnya. Usaha ini cukup menjanjikan, apalagi saat ini HP sudah menjadi sebuah kebutuhan primer.

Nah itulah beragam cara atau strategi yang bisa kalian tanamkan sebelum kalian memulai sebuah usaha atau masih dalam fase pemula. Tentunya jika artikel ini bermanfaat dan dapat memecahkan permasalahan kalian maka jangan sungkan untuk membagikannya lewat sosial media atau ke teman kalian kalian sedang menghadapi permasalah yang sama. Masih banyak artikel tentang bisnis yang bisa kalian dapat di Pejuang.co.id. Salam sukses selalu!