subsidi tol laut untuk umkm

Transportasi bisa dibilang menjadi sebuah hal yang paling utama jika melakukan ekspansi penjualan sebuah produk. Tentunya jika semakin jauh produk yang kita pasarkan maka akan semakin tinggi juga cost produk untuk transportasi yang nantinya akan terbebani. Terdapat banyak cara untuk melakukan transportasi, mulai dari darat, udara, dan juga melewati jalur laut yang terbilang memiliki perbedaan biaya dalam setiap metodenya.

UMKM yang memiliki produk dengan kualitas bagus dan memasarkannya lewat online pastinya mengalami kesulitan dalam pendistribusian produk karena mahalnya biaya transportasi. Nah, ada kabar baik nih untuk kalian para pelaku UMKM, yaitu Pemerintah Hadirkan Subsidi Tol Laut Untuk UMKM yang bisa kalian manfaatkan nantinya. Tidak perlu berpanjang lebar, yuk langsung saja kita simak langsung informasi lengkapnya di bawah ini.

Apa itu Jalur Tol Laut?

Bukan berarti tol laut itu kalian bisa melakukan perjalanan di atas laut dengan lewat jalan tol, sebenarnya Jalur Tol Laut ini adalah pelayaran jenis liner multi port (trayek tetap, jadwal tetap, singgah di beberapa pelabuhan). Tujuannya adalah untuk melakukan pendistribusian barang ke daerah yang lebih terpencil dan juga daerah yang sulit dijangkau menggunakan kapal laut dengan jadwal yang tetap. Tentunya dengan hadirnya jalur dan jadwal yang tepat maka pendistribusian akan lebih efektif dan lebih cepat.

Tol laut menjadi sebuah solusi untuk menyebarkan produk-produk UMKM dengan cepat dan juga efektif. Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi terus mendorong program tol laut untuk menurunkan disparitas harga antara Indonesia Barat dan Timur. Pastinya dengan harga yang terjangkau maka pendistribusian Usaha Mikro dan Kecil dapat menekan biaya transportasi dan juga memberikan produk dengan harga terjangkau untuk konsumen.

Subsidi Tol Laut Untuk Para Pelaku UMKM

Tentunya program ini bisa dibilang sangat bermanfaat untuk para pelaku UMKM dan pemerintah sendiri memiliki tujuan untuk meningkatkan daya jual dan juga memberikan kesempatan untuk para pelaku UMKM menggunakan distribusi lewat jalur tol laut. tol laut selama ini semata-mata jadi satu bisnis yang terkesan dimonopoli oleh satu perusahaan, maka pelaku UMKM yang sesungguhnya membutuhkan subsidi malah tidak mendapatkan itu.

“Oleh karenanya ini bagian dari CSR-nya Pelindo III, Pelindo IV, Pelni, dan sejalan dengan itu beri kesempatan pada UMKM untuk memanfaatkan tol laut,” kata Menhub Budi Karya dalam kunjungan kerja ke Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Sabtu (24/4/2021). “UMKM tidak mungkin dia memborong satu kontainer. Tetapi apabila kita membuat satu paket, paket 100 kg atau paket 500 kg, dimana dalam kontainer 20 ton itu bisa didorong,” imbuhnya yang dilansir dari Liputan6.com.

Nah, itulah artikel menarik tentang Dukung Penuh Para Wirausahawan, Pemerintah Hadirkan Subsidi Tol Laut Untuk UMKM yang sudah dirangkum oleh tim Pejuang App. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan kalian tentang subsidi tol laut untuk umkm yang diselenggarakan oleh pemerinta. Jangan sungkan untuk membagikan artikel ini agar artikel ini semakin bermanfaat. Salam sukses selalu!