BPOM GO Internasional

Sudah saatnya UMKM harus Go Internasional terutama saat masa pandemi yang sudah berusia dua tahun di Indonesia saat ini, dengan terciptanya UMKM Go Internasional maka diharapkan mampu menciptakan beberapa manfaat besar terutama bagi masyarakat-masyarakat di negara Indonesia, maka tidak heran saat ini BPOM akan membantu untuk mendampingi para UMKM pangan agar bisa Go Internasional. Selanjutnya kami akan menjelaskan bagaimana strategi atau cara yang dipakai oleh BPOM dalam mendampingi UMKM pangan agar bisa menjadi Go Internasional.

Badan pengawas obat dan makanan (BPOM) sudah siap untuk mendampingi para UMKM agar bisa Go Internasional, dengan cara mendukung program usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) pangan dan BPOM sudah mempunyai rencana berupa aksi strategi kuliner Indonesia yang digagas oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi. Sejak tanggal 1 Mei 2021, BPOM telah melakukan pendampingan kepada 92 pelaku usaha produsen bumbu pangan, dan 30 diantaranya sudah mendapatkan nomor izin edar (NIE) produk, 35 pada tahap pemenuhan CPPOB, dan 27 pada tahap pengajuan Surat Keterangan Ekspor (SKE) ujar Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny k. Lukito. Hal tersebut disampaikan saat penandatanganan nota kesepahaman antara BPOM dengan Kementerian Koperasi dan UKM tentang pemberdayaan Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah di bidang Obat Tradisional, Kosmetik dan pengolahan Pangan.

Penny berpendapat bahwa BPOM sudah gencar mengkampanyekan keamanan, mutu dan gizi dari pangan kepada masyarakat, pelaku usaha, serta mitra lainnya seperti Food and Agriculture Organization (FAO) dan World Health Organization (WHO) untuk mewujudkan budaya keamanan pangan, terutama di masa pandemi covid-19. Peluang akses pasar akan lebih besar jika dampak sosial dan ekonomi berkurang, maka bisa disimpulkan bahwa peluang tersebut bisa diraih jika pangan yang dihasilkan oleh para pelaku usaha telah memenuhi standar cara produksi pangan olahan yang baik (CPPOB). Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny mengatakan bahwa pihak BPOM terus berupaya melakukan pendampingan pemenuhan CPPOB kepada UMKM.

Indonesia Spice Up The World merupakan sebuah program pemerintah yang sudah berproses di Indonesia, dimana program tersebut merupakan sebuah dukungan dari pihak BPOM untuk UMKM pangan agar bisa Go Internasional yang didukung dengan bumbu, dalam hal ini juga merupakan produk dari UMKM ujar Penny saat launching dukungan BPOM untuk UMKM Pangan menuju Indonesia Spice Up The World, Selasa (22/06/2021). Beberapa sumber menyatakan bahwa Kepala BPOM bersama Menteri KUKM telah menandatangani nota kesepahaman untuk saling bersinergi dalam mendukung peningkatan daya saing UMKM melalui program-program pemberdayaan UMKM Pangan Olahan.

Kepala BPOM Penny menjelaskan bahwa program Indonesia Spice Up The world memiliki beberapa kegiatan untuk mendukung UMKM, diantaranya yaitu melakukan pendampingan untuk meningkatkan daya saing dan kekuatan branding produk bumbu atau pangan olahan dari rempah Indonesia yang dihasilkan oleh para UMKM Indonesia. Selanjutnya BPOM membantu dan mendorong para produsen bumbu untuk melakukan proses Ekspor, kontribusi UMKM ke Ekspor Non-migas saat ini masih di 14%, dimana dengan angka tersebut Menteri Koperasi ingin menargetkan peningkatan Go Ekspor sebesar 1,2% menjadi 15,2% di tahun 2021. Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki dalam acara Peringatan Hari Pangan Dunia, Selasa (12/06/2021) mengatakan bahwa saat ini sudah dilakukan pelatihan pendampingan, standardisasi termasuk sertifikat produk, dan nanti selanjutnya akan terus memberikan beberapa dukungan yang berguna bagi para pelaku UMKM. Teten menegaskan bahwa pihaknya sudah membentuk satgas percepatan Ekspor bagi UMKM, dengan tujuan agar bisa memberikan solusi terkait permasalahan Ekspor.

Dan itulah artikel dari tim Pejuang dengan judul BPOM Siap Menjembatani UMKM Pangan Untuk Go Internasional, dimana kami telah menyajikan informasi dan berita melalui beberapa sumber dan kutipan yang benar dan tepat mengenai BPOM yang siap menemani UMKM Pangan untuk Go Internasional. Sekian dari artikel kali ini, kiranya bisa menjadi manfaat baik maupun menjadi sarana sumber penambah wawasan kalian semua, dan tidak lupa kami menyarankan kalian semua untuk membagikannya melalui media apa saja, agar manfaat artikel ini bisa tersebar luas.