Usaha Budidaya Ayam Petelur

Sebagai salah satu makanan yang paling dicari dan disukai oleh banyak orang, ayam adalah salah satu contoh jenis ide bisnis dan usaha yang mungkin bisa kalian pilih dan lakukan. Menjalani ternak usaha ayam bisa memberikan kalian keuntungan yang cukup menggiurkan dan menjanjikan. Tidak hanya ayamnya, kalian juga bisa menjual telurnya dari jenis ayam petelur.

Nah, pada kesempatan ini kami bermaksud untuk memberikan kalian sedikit penjelasan tentang Ide Bisnis dan Usaha Budidaya Ayam Petelur, Cara Beserta Modalnya yang Menjanjikan yang didalamnya terdapat beberapa informasi terkait tentang cara usaha budidaya ayam petelur lengkap beserta dengan modal yang diperlukan. Tanpa berpanjang lebar, mari silahkan simak informasi lebih lengkapnya di bawah ini.

Cara Usaha Budidaya Ayam Petelur

Usaha Budidaya Ayam Petelur

Jika kalian berminat dan tertarik untuk menekuni bisnis dan usaha budidaya ayam petelur, maka kalian bisa memulainya sekarang. Cara dan persiapan yang harus kalian ketahui untuk usaha budidaya ayam petelur ini pun tidaklah terlalu banyak dan susah, karena tidak banyak hal yang harus kalian lakukan.

Pertama, kalian perlu menyiapkan lahan yang cukup luas sebagai tempat untuk kandang ayamnya. Sebagai saran, akan lebih baik bila kalian memilih lahan yang jauh dari pemukiman penduduk guna menghindari bau dari ayam dan kotorannya mengganggu masyarakat sekitar. Serta untuk mengurangi tingkat stress yang bisa dialami oleh ayam petelur milik kalian. Sehingga kualitas telur yang nantinya kalian dapatkan juga bagus dan sehat.

Selanjutnya, kalian perlu memilih bibit ayam petelur dengan kualitas yang terbaik, yaitu sehat, berbulu lebat dan rata serta tidak terdapat kecacatan fisik. Hal ini untuk memaksimalkan kualitas dari telur yang akan kalian panen nanti dan bisa dijual dengan harga tertinggi. Untuk itu kalian harus membeli bibit ayam petelurnya dari penjual yang sudah terpercaya dan amanah agar kalian tidak rugi.

Berikan pula pakan yang berkualitas kepada ayam petelur kalian agar mereka bisa tumbuh sehat dan menghasilkan telur yang banyak dan bagus. Cek selalu kesehatan dan kebersihan dari ayam petelur kalian guna menjaga kualitas dari telur yang akan diternak. Bila diperlukan, berikan pula obat dan vitamin untuk menjaga kesehatan ayam petelur ternak kalian.

Modal Usaha Budidaya Ayam Petelur yang Menjanjikan

Sekarang, kalian akan memasuki pembahasan tentang modal yang diperlukan untuk memulai usaha budidaya ayam petelur. Pertama, ada kandang dimana bila kandangnya dibangun di lahan milik kalian biasanya biaya yang diperlukan sekitar Rp.1.500.000. Lalu, bibit ayam petelurnya dijual seharga Rp.7.500/ekor. Maka, bila kalian membeli sebanyak 100 ekor bibit ayam petelur modal yang diperlukan sebesar Rp.7.500×100=Rp. 750.000.

Kemudian, untuk kebutuhan sehari-harinya, seperti pakan dan sekam bisa menghabiskan dana sebesar Rp.20.000, sehingga dana yang diperlukan selama sebulan menjadi Rp.20.000×30= Rp.600.000. Untuk obat dan vitaminnya, modal yang diperlukan sedikit lebih banyak dan tinggi karena hal ini diperlukan untuk menjaga kesehatan dan kualitas dari telur yang akan dihasilkan dari ayam petelurnya. Kira-kira modal untuk obat dan vitaminnya bisa menghasilkan dana sebesar Rp.2.000.000.

Jika di total, jumlah modal yang kalian butuhkan untuk menjalankan bisnis dan usaha budidaya ayam petelur ini membutuhkan dana sebesar Rp. 4.850.000. Ini merupakan besaran modal yang kalian butuhkan jika lahan yang digunakan adalah milik kalian sendiri. Jika kalian menyewa lahannya, maka nominal modalnya mungkin bisa lebih besar dari ini.

Ini hanyalah perkiraan kasar dari modal yang kalian perlukan untuk memulai bisnis dan usaha budidaya ayam petelur ini, dimana besaran modal yang akan kalian perlukan saat eksekusi di lapangan bisa lebih besar atau lebih kecil dari perkiraan ini.

Itulah artikel Ide Bisnis dan Usaha Budidaya Ayam Petelur, Cara Beserta Modalnya yang Menjanjikan yang sudah dirangkum oleh tim Pejuang App. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan mengedukasi kalian tentang cara usaha budidaya ayam petelur lengkap beserta dengan modal yang diperlukan. Jangan sungkan untuk membagikan artikel ini lewat sosial media atau manapun agar dapat lebih bermanfaat lagi tentunya.