Cara Beternak Ikan Cupang

Jaman sekarang banyak hal yang bisa dijadikan ide bisnis dan peluang usaha. Mulai dari bisnis dan usaha yang terlihat serius dengan modal yang besar, sampai bisnis dan usaha sederhana yang terkesan sepele dan dianggap remeh, tapi ternyata bisa memberikan keuntungan yang cukup menggiurkan dan menjanjikan. Sebagai contoh, salah satunya adalah usaha beternak ikan cupang.

Nah, pada kesempatan ini kami bermaksud untuk memberikan Anda sedikit penjelasan tentang Simak Informasi Lengkap Cara Beternak Ikan Cupang Beserta Modalnya yang Menjanjikan yang didalamnya terdapat beberapa informasi terkait tentang cara beternak ikan cupang untuk pemula lengkap beserta dengan modalnya. Tanpa berpanjang lebar, mari silahkan simak informasi lebih lengkapnya di bawah ini.

Cara Beternak Ikan Cupang Untuk Pemula

Cara Beternak Ikan Cupang

Bila kalian tertarik dan berminat untuk mencoba dan terjun ke dunia usaha beternak ikan cupang, berikut adalah informasi singkat tentang cara beternak ikan cupang bagi kalian yang masih pemula.

  1. Sediakanlah akuarium yang cukup besar kira-kira yang mampu menampung air hingga delapanbelas liter beserta dengan filter airnya. Sengaja disediakan akuarium yang besar sebab untuk menghindari lingkungan tempat tinggal ikan cupangnya cepat kotor yang dapat mempengaruhi kesehatan dari ikan cupang. Untuk itulah filter air diperlukan agar air kotornya bisa terus difilter dengan yang baru;
  2. Sediakan pula pemanas yang bisa diatur suhunya, sebab ikan cupang merupakan ikan tropis yang mana bila berada dalam air yang terlalu dingin mereka bisa sakit. Tetapi jangan terlalu panas pula karena mereka bisa menua lebih cepat;
  3. Selanjutnya, pilihlah indukan ikan cupang dengan kualitas terbaik dan bagus, karena hal ini akan menentukan hasil dari ternak ikan cupang tersebut. Belilah dari peternak yang memang sudah ahli dengan reputasi baik. Meski harganya mungkin sedikit mahal, tapi peluang kalian untuk mendapatkan hasil yang maksimal akan lebih besar karena kualitasnya sudah terjamin;
  4. Setelah satu bulan, kalian sudah bisa untuk mengawinkan ikan cupang kalian. Ingat, ketika ingin mengawinkan mereka, pisahkan wadahnya antara jantan dan betina. Biarkan dulu selama semalam, baru setelahnya secara perlahan gabung mereka dan biarkan mereka berkembang biak.

Modal Usaha Beternak Ikan Cupang

Nah, tadi sebelumnya kalian sudah mendapatkan sedikit informasi tentang bagaimana cara beternak ikan cupang bagi kalian yang masih pemula. Kalau begitu, sekarang masuk ke bagian modal. Kira-kira, berapa sih besaran modal yang harus kalian siapkan untuk memulai usaha beternak ikan cupang ini? Apakah memerlukan modal yang besar?

Ternyata, usut punya usut nih modal awal yang kalian perlukan untuk memulai beternak ikan cupang sungguh sangat terjangkau loh. Hal terpenting yang harus kalian persiapkan hanya modal untuk membeli indukan ikan cupangnya saja, kira-kira membutuhkan modal sekitar 300-400 ribu. Sementara untuk peralatan dan perlengkapan lainnya bisa kalian akali dengan memanfaatkan barang-barang di rumah kalian.

Misalnya, seperti wadah kaca yang cukup besar sebagai tempat mengembangbiakkan ikan cupangnya. Kalaupun kalian tidak memiliki yang cukup besar, kalian bisa memulai beternak ikan cupang dalam jumlah sedikit terlebih dahulu. Nanti setelah mendapatkan keuntungan yang lebih besar, kalian bisa membeli akuarium yang lebih besar sekaligus menambah jumlah ikan cupangnya.

Lalu, untuk pakannya modal yang diperlukan sekitar 200ribuan, vitamin dan obat-obatan sekitar 300ribuan serta beberapa peralatan tambahan lainnya kira-kira sekitar 300ribuan. Maka, jika ditotal modal yang harus kalian persiapkan untuk memulai usaha beternak ikan cupang ini sekitar Rp. 1.200.000. Ini hanyalah perkiraan kasar dari besar nominal modal yang kalian perlu persiapkan untuk memulai usaha beternak ikan cupang, dimana besaran modal yang akan kalian perlukan saat eksekusi di lapangan bisa lebih besar atau lebih kecil dari perkiraan ini.

Itulah artikel Simak Informasi Lengkap Cara Beternak Ikan Cupang Beserta Modalnya yang Menjanjikan yang sudah dirangkum oleh tim Pejuang App. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan mengedukasi kalian tentang cara beternak ikan cupang untuk pemula lengkap beserta dengan modalnya. Jangan sungkan untuk membagikan artikel ini lewat sosial media atau manapun agar dapat lebih bermanfaat lagi tentunya.